Warga Huta VI Sumber Sari Protes, Pemdes Laksanakan Pembangunan Tanpa Sosialisasi


126 view
Warga Huta VI Sumber Sari Protes, Pemdes Laksanakan Pembangunan Tanpa Sosialisasi
(Foto: harianSIB. com/Putra Nainggolan)
PROTES : Perwakilan warga Huta VI Sumber Sari, Nagori Bandar Selamat, Kecamatan Dobana, melakukan aksi protes atas pembangunan parit tanpa sosialisasi di kampung mereka, Rabu (18/5). 

Simalungun (SIB)

Puluhan warga Huta VI Sumber Sari, Nagori (Desa) Bandar Selamat, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun memprotes tindakan Pemerintah Desa (Pemdes) melakukan pembangunan tanpa terlebih dahulu melakukan sosialisasi, Rabu (18/5).


Puluhan warga yang ditemui wartawan di lokasi mengaku kaget sekaligus kecewa karena tiba-tiba datang material disusul pekerja yang melakukan pematokan di jalan dusun yang dikatakan akan dilakukan pembangunan parit.


"Kami tidak setuju pembangunan parit dari Gang Mesjid sampai batas Pasar Baru karena akan mengakibatkan banjir serta longsor di pemukiman warga," protes W Situmorang diamini warga lainnya.


Sementara Gamot (Kepala Lingkungan) Iwan Damanik mengklaim pelaksanaan pembangunan sudah melalui tahapan, bahkan dikatakan sosialisasi sudah dilakukan kepada warga, namun dia tidak menjelaskan warga mana yang dimaksud.


Tak puas dengan penjelasan Gamot, perwakilan warga mendatangi kantor pangulu, sayangnya pangulu tidak ada di kantornya. Warga diterima oleh Kaur Pembangunan Sariadi, Maujana, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.


Diakui Kaur Pembangunan, memang ada aspirasi dari seorang warga yang terganggu atas pembuangan air dari parit yang mengalir ke tanahnya sehingga Pemdes berinisiatif untuk mengalihkan saluran tersebut, sayangnya tidak ada sosialisasi kepada warga sekitar lokasi yang akan dibangun parit.


Warga juga kecewa karena Pemdes mengorbankan kenyamanan banyak warga demi kepentingan satu orang, sehingga patut diduga ada kepentingan atau intervensi dalam pembangunan itu. Dalam pertemuan, Pemdes berjanji akan mempertemukan warga yang pro dan kontra untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. (SS8/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com