Warga Ingin Pola Tanam Serentak Dilaksanakan di Dusun Manikmatondang


269 view
Warga Ingin Pola Tanam Serentak Dilaksanakan di Dusun Manikmatondang
(foto istimewa)
Ilustrasi tanam padi. 
Manikmatondang (SIB)
Guna mengantisipasi terjadi gagal panen, masyarakat di Dusun Manikmatondang Nagori Tigabolon Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun menginginkan agar dilaksanakan pola tanam serentak.

Keinginan itu diungkapkan M Nainggolan, J Sirait dan B Silalahi selaku warga Dusun Manikmatondang kepada SIB, Senin (1/3).

Nainggolan menuturkan saat ini kondisi pertanian khususnya tanaman padi di dusun mereka tidak beraturan. Ada yang mulai tanam, bahkan ada yang akan panen. Sehingga banyak resiko yang terjadi, akibatnya hasil panen menjadi kurang memuaskan, katanya.

Menurutnya, keseragaman pola tanam padi sangat penting, karena dengan pola tanam serentak, resiko hama penyakit maupun faktor lain yang membuat gagal panen akan sedikit berkurang. Sementara lahan pertanian hanya dialiri satu irigasi induk saja, katanya.

Karena itu, mereka berharap agar tahun ini, pemerintah Nagori Tigabolon, UPT Pertanian serta Dinas Pengairan bisa saling kordinasi untuk membuat aturan agar dilaksanakan pola tanam serentak.

Sementara itu, Pangulu Tigabolon Marisno Sitio mengatakan pihaknya akan melakukan kordinasi dengan dinas terkait dan akan mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya pola tanam serentak dilakukan.(D10/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com