Warga Kampung Nelayan Seberang Belawan Luncurkan Produk UMKM


226 view
Warga Kampung Nelayan Seberang Belawan Luncurkan Produk UMKM
Foto SIB/Pally S
Produksi UMKM : Camat Belawan, Subhan Fajri Harahap dan rombongan menujukkan hasil produksi UMKM warga Kampung Nelayan Seberang berupa abon ikan bandeng, kerupuk ikan dan udang, nuget serta bakso, Selasa (30/11/2021).
Belawan (harianSIB.com)

Warga Kampung Nelayan Seberang, Kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan, meluncurkan hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berupa abon ikan bandeng, kerupuk ikan dan udang, bakso dan nuget.

Peluncuran hasil produksi UMKM warga Kampung Nelayan Seberang tersebut berlangsung di Aula Posyandu, Selasa (30/11/2021).

Camat Medan Belawan, Subhan Fajri Harahap didampingi Rektor Universitas Mikroskil Medan, Pahala Sirait mengatakan, produksi UMKM warga Kampung Nelayan Seberang tersebut merupakan hasil binaan sejumlah mahasiswa melalui Program Holistik Pembinaan dan Perberdayaan Desa (PHP2D) yang telah berjalan selama 4 bulan, yakni mengolah hasil tangkapan nelayan menjadi makanan ringan yang memiliki pangsa pasar serta nilai jual yang cukup tinggi.

Selain melalui kegiatan PHP2D warga Kampung Nelayan Seberang juga mendapat bimbingan bagaimana mengolah sampah plastik yang menumpuk di kawasan pemukiman penduduk menjadi sesuatu yang bermanfaat serta memiliki nilai jual.

Dalam kegiatan PHP2D itu, warga Kampung Nelayan Seberang juga mendapat pelatihan bagaimana memasarkan hasil produksi UMKM secara manual maupun lewat media sosial atau online.

Camat Medan Belawan juga mengatakan, untuk mendukung hasil produksi UMKM yang sudah dikemas dengan sangat baik tersebut, agar lebih diminati oleh masyarakat, pihaknya akan membantu prizinan produksi serta label halal.

Sementara itu, pihak Mikroskil mengatakan, meskipun dalam waktu dekat kegiatan PHP2D akan segera berakhir di Kampung Nelayan Seberang, pendampingan terhadap warga akan tetap dilakukan dalam menjalankan UMKM sehingga memiliki hasil produksi yang berkualitas dan diminati konsumen.

Hasil produksi UMKM warga Kampung Nelayan Seberang tersebut, menurut Camat Belawan telah beberapa kali diikutsertakan dalam berbagai pameran dan baru-baru ini, juga turut serta dalam KIM Investment Expo 2021. Demikian laporan jurnalis Koran SIB Pally S.(*)

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com