Warga Korban Banjir di Natam Baru Agara Harapkan Bantuan Kemensos RI


205 view
Warga Korban Banjir di Natam Baru Agara Harapkan Bantuan Kemensos RI
Foto Dok/SIB
TITIP PESAN : Tampak Armentoni (berdiri) salah seorang warga korban banjir sedang menitip pesan dan berharap kepada Dika Yudhistira Risqy Pekerja Sosial Ahli Muda Kemensos RI disaksikan Dinsos Aceh, Kadis Sosial Agara Sadli ST (kanan) dan para warga
Kutacane(SIB)
Pekerja Sosial Ahli Muda Kementerian Sosial(Kemensos) RI Dika Yudhistira Risqy didampingi Dinas Sosial Aceh dan Kepala Dinas Sosial Aceh Tenggara Sadli ST, survei lokasi dan verifikasi data korban banjir di Desa Natam dan Natam Baru Kecamatan Badar, Kamis(11/2)

Kedatangan mereka guna memastikan kondisi rumah warga kedua desa itu setelah tersapu banjir bandang yang terjadi November dan Desember 2018, hingga merusak 36 unit rumah warga desa setempat.

Armentoni warga Dusun Lawe Mendrung Desa Batam Baru Kecamatan Badar, selaku warga korban banjir kepada Pekerja Sosial Ahli Muda Kemensos RI bidang pemulihan Dika Yudhistira Risqy, menitip pesan dan berharap, agar dia beserta seluruh warga korban lain, secepatnya mendapat bantuan rumah tempat tinggal.

"Kasihan kami pak, ada yang masih nyewa rumah, ada yang sudah bangun rumah tapi jual kebun terlebih dahulu, ada yang numpang di rumah tetangga, ada yang tinggal di tempat mertua, macam macamlah, pokoknya kami berharap ada bantuan, apakah berbentuk materil maupun berbentuk rumah tutur”, Armen".

Kepala Dinas Sosial Aceh Tenggara, Sadli ST kepada SIB menyebutkan kedatangan tim dari Kementerian Sosial yang membidangi pemulihan bencana merupakan tindak lanjut surat Dinas Sosial Agara, yang dikirim ke pusat beberapa waktu lalu, terkait jumlah data rumah warga yang tersapu banjir bandang pada dua tahun lalu.

"Ini merupakan respon yang positif dari kementerian sosial, setelah dua tahun menanti jawaban. Mudahan- mudahan bantuan baik materi atau bantuan pembanguan rumah bagi korban akan dapat terealisasi, setelah tim Kementerian Sosial turun langsung ke lokasi pada hari ini", ungkap Sadli.

Sadli berharap warga Dusun Lawe Mendrung dan Dusun Simpang Empat Desa Natam Baru dapat bersabar, menunggu bantuan yang akan direalisasikan Kementerian Sosial, sesuai data yang dilaporkan Dinas Sosial Aceh Tenggara, sebanyak 36 kepala keluarga yang rusak berat atau hanyut total.

Sebelumnya, sebanyak 36 rumah warga tersapu banjir bandang di dua titik, yakni Desa Natam dan Desa Natam Baru yang tejadi pada November dan Desember 2018. Selain rusak berat, puluhan rumah warga lainya rusak ringan. Namun hingga kini, dua tahun berlalu bantuan pembangunan kembali rumah warga yang terimbas banjir itu belum terealisasi.

Meski terlambat, warga setempat berharap dengan kehadiran tim Kementerian Sosial segala bentuk bantuan dapat terealisasi kembali.(K-10/c).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com