Warga Nagori Mekar Sari Raya Perbaiki Jalan Secara Swadaya

* Pangulu akan Terapkan ‘Marharoan Bolon’ di Lingkungan Masyarakat

122 view
Warga Nagori Mekar Sari Raya Perbaiki Jalan Secara Swadaya
(Foto: Dok/Pangulu Juni Hartono)
PERBAIKI JALAN: Masyarakat huta Bahtangan Nagori Mekar Sari Raya Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun memperbaiki jalan sepanjang 50 meter secara swadaya di depan Masjid Ar rahman Bahtangan, Minggu (9/5). 
Sari Raya (SIB)
Masyarakat Huta Bahtangan Nagori Mekar Sari Raya Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun memperbaiki jalan sepanjang 50 meter secara swadaya di depan Masjid Ar rahman Bahtangan, Minggu (9/5).

Pangulu Mekar Sari Raya Juni Hartono kepada SIB mengatakan, kegiatan gotong royong ini merupakan salah satu upaya pemerintah Nagori Mekar Sari Raya bersama masyarakat, guna mendukung salah satu program Bupati Simalungun Bapak Radiapoh H Sinaga menuju Simalungun Sejahtera dengan cara menerapkan "Marharoan Bolon" yaitu membangun dengan melibatkan seluruh warga dengan cara bergotong royong.

Menurutnya, budaya gotong royong yang telah diwariskan para pendahulu kita harus tetap ditanamkan kepada generasi muda saat ini. Karena dengan gotong royong, suatu pekerjaan akan terasa mudah bila dikerjakan. Sama halnya dengan perjuangan pahlawan kita dahulu untuk merebut kemerdekaan dari penjajah dilakukan dengan gotong royong, katanya.

Oleh karen itu, pihaknya akan berupaya menggalakkan budaya gotong royong di lingkungan masyarakat untuk bersama sama membangun Nagori Mekar Sari Raya, kata Pangulu.

Sementara Sukiman selaku warga yang di tuakan di huta Bahtangan mengatakan perbaikan jalan ini merupakan salah satu gerakan yang selalu dilaksanakan di Nagori mekar Sari Raya. Dengan kebersamaan antar warga untuk membangun nagori yang kita cintai ini.

Diakuinya, kegiatan gotong royong dalam kegiatan sosial, keagamaan bahkan seperti infrastruktur jalan, selalu dikerjakan secara swadaya dan gotong royong. Inilah bukti kebersamaan masyarakat Nagori Mekar Sari Raya dalam membangun Nagori.

Karenanya, Sukiman mengajak seluruh masyarakat untuk bersama sama kita benahi huta dan nagori kita, pemerintah membantu dengan anggaran negara, kita berpartisipasi secara tenaga dan materi semampu kita, ujar Sukiman yang berdampingan dengan Pangulu Juni Hartono. (D10/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com