Kamis, 23 Mei 2024 WIB
Raker Biro SIB Tapanuli Wilayah I dan II di Samosir Hadirkan Wakil Pemred Koran SIB dan Pemred harianSib.com

Wartawan SIB Harus Kerja Keras dan Lebih Cerdas

Redaksi - Senin, 18 September 2023 19:41 WIB
697 view
Wartawan SIB Harus Kerja Keras dan Lebih Cerdas
Foto SIB: Fransiskus Sitanggang
RAKER: Wakil Pemred III Koran SIB, Anton Panggabean (4-kanan depan), dan Pemred harianSib.com, Bantors Sihombing (tengah depan), foto bersama Kabiro SIB Tapanuli Wilayah I dan II, Anwar Lubis dan Frans Simanjuntak, serta jajaran wartawan SIB sete
Samosir (SIB)
Biro Redaksi Tapanuli Wilayah I dan II Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) melaksanakan Rapat Kerja (Raker) di Aula Hotel Grand Dainang Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, Sabtu (16/9).

Raker dipimpin oleh Wakil III Pemred Koran SIB, Anton Panggabean SE MSi dan Pemred harianSib.com, Bantors Sihombing SSos MSi, yang dihadirkan dari Medan untuk memberikan arahan untuk penyegaran dan penajaman kerja para Kepala Biro (Kabiro) di Tapanuli dan jajarannya.

Anton Panggabean menjelaskan, dirinya diutus ke Samosir oleh Pemimpin Redaksi Koran SIB, GM Immanuel Panggabean, terutama untuk berbagi pengalaman dirinya yang pernah menjadi Kabiro SIB Medan, kepada Kabiro di Tapanuli agar mampu memotivasi dan meningkatkan kinerja jajaran wartawannya yang bertugas di Biro Tapanuli Wilayah I dan II.

"Kami hadir dalam rapat ini untuk memberikan pengarahan dan motivasi kepada para wartawan di Biro Tapanuli Wilayah I dan Wilayah II. Kita pantas bersyukur, Harian SIB tetap eksis sampai sekarang. Keberadaan Harian SIB di daerah harus menjadi mitra untuk menyampaikan informasi dari daerah ini," ujarnya.


LEBIH CERDAS
Dia menegaskan, wartawan di daerah harus terus aktif. Membuat berita yang menarik dan berbeda dengan lain serta enak dibaca oleh pembaca.

"Saat ini bagaimana kita berperan supaya Harian SIB terus dicintai oleh masyarakat. Harapan kita bagaimana Harian SIB semakin maju. Maka dari itu, kita minta wartawan di daerah itu harus bisa menciptakan ide atau gagasan-gagasan yang cemerlang. Buatlah berita-berita yang teraktual. Marilah kita merapatkan barisan dan menjadikan Harian SIB menjadi yang terbaik. Makanya kita harus bekerja keras dan kita harus bekerja lebih cerdas," jelasnya.


TIPS
Sementara itu, Pemred harianSib.com, Bantors Sihombing, dalam paparannya menjelaskan teknik penyelarasan penulisan berita yang berlaku di media SIB.

Dia memberikan tips cara menulis berita menarik dan informatif yakni, judul menarik, gunakan sumber yang terpercaya dan gaya penulisan yang variatif.

"Kemudian struktur penulisan berita di cetak yakni, lead, tubuh berita, kutipan dan tinjauan akhir. Sementara untuk struktur penulisan berita online yakni, heading atau judul yang menarik perhatian pembaca, lead, tubuh berita dan gambar, video dan link," jelasnya.

Dalam kesimpulannya, dia menjelaskan, membuat berita memang membutuhkan keahlian dan pengalaman.

"Saya yakin dengan tips yang telah dibagikan ini, bisa membuat kita lebih terampil dalam menulis berita," pungkasnya.


PEJUANG PEMBANGUNAN
Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua DPC Apdesi Kabupaten Samosir, Raja Sondang Simarmata ST dan Sekretaris Bawaslu Kabupaten Samosir, Ritha Cordyana Bakkara SE.

Ritha Cordyana Bakara SE dalam sambutannya menyampaikan, media itu adalah mitra.

"Dari sewaktu saya masih anak-anak sampai sekarang sangat senang membaca Koran SIB. Dengan rajin membaca Koran SIB, banyak wawasan yang saya dapatkan," ungkapnya.

Dia juga mengungkapkan, dirinya sangat mengagumi DR GM Panggabean. "Bagi saya, DR GM Panggabean merupakan pejuang pembangunan di Sumatera Utara," ujarnya seraya menyampaikan harapannya agar Harian SIB terus maju. (R1/F3/a)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Marudut Tua Sitinjak Sekda Kabupaten Samosir yang Baru
Rakernas PDIP Akhir Mei akan Munculkan Sejumlah Kejutan
Wujudkan SDM berkualitas, BBPOM Medan Sosilisasikan PJAS di Samosir
Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Rakernis Jajaran Permasyarakatan
KPU Bantah Klaim Pengurangan Suara Partai Perindo di Dapil Samosir I
KNPI Tanjungbalai Gelar Rapimda dan Rakerda di Samosir
komentar
beritaTerbaru