Waspadai Gerakan Kelompok Radikal Intoleran Manfaatkan Isu Palestina


132 view
Waspadai Gerakan Kelompok Radikal Intoleran Manfaatkan Isu Palestina
(Foto: Dok/Lensaindonesia.com)
Khariri Makmun, Lc, MA. 
Jakarta (SIB)
Solidaritas aksi kemanusiaan untuk Palestina terus mengalir. Termasuk di berbagai daerah di Indonesia. Namun masyarakat tetap harus waspada adanya kelompok intoleran memanfaatkan isu tersebut.

"Isu-isu tentang Palestina itu memang mudah digoreng oleh kelompok-kelompok radikal intoleran untuk dijadikan alat sebagai propaganda mereka," ujar Wakil Direktur Eksekutif International Conference of Islamic Scholars (ICIS) Khariri Makmun dalam keterangannya, Jumat (28/5).

Selain itu, menurutnya, konflik Palestina dan Israel seliweran di media sosial dengan berbagai sudut pandang. Untuk itu masyarakat juga harus hati-hati tidak mudah termakan isu-isu tidak benar.

"Maka kita meminta kepada masyarakat untuk kembali kepada sikap pemerintah. Mendukung langkah-langkah pemerintah yang mendukung melalui nasionalisme Palestina," ujarnya.

Khariri menyampaikan saat ini masyarakat sudah semakin cerdas apalagi dibarengi dengan usaha dari pemerintah meningkatkan wawasan kebangsaan. Sehingga tak mudah termakan isu yang terus diulang-ulang.

"Persoalan itu (konflik Israel-Palestina) memang bisa membuat masyarakat bisa terpecah terkait cara memahaminya," tuturnya.

Selain itu, Dia juga menyoroti bermunculannya pihak-pihak meminta sumbangan untuk Palestina. Perlu ditelaah saat memberi agar dana tersebut tidak disalahgunakan.

"Jadi kalau mau menyumbang lebih baik ke lembaga kredibel saja atau melalui jalur resmi pemerintah," tandasnya. (Merdeka.com/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com