Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Wong Chun Sen Minta Dinkes dan Dishub Kota Medan Beri Fasilitas untuk Penyandang Disabilitas dan Lansia

Redaksi - Rabu, 15 Maret 2023 18:00 WIB
198 view
Wong Chun Sen Minta Dinkes dan Dishub Kota Medan Beri Fasilitas untuk Penyandang Disabilitas dan Lansia
Foto SIB/Sekretariat DPRD Medan
PANSUS: Anggota DPRD Medan Wong Chun Sen memimpin rapat Pansus Ranperda Kota Medan tentang Perlindungan terhadap Disabilitas dan Lanjut Usia, Senin (13/3). 
Medan (SIB)
Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Medan melaksanakan Rapat Pembahasan Ranperda Kota Medan tentang Perlindungan terhadap Disabilitas dan Lanjut Usia, dipimpin anggota DPRD Kota Medan, Drs. Wong Chun Sen, M.Pd.B, Senin (13/3)
Wong Chun Sen menghimbau Dinas Kesehatan memberikan pelayanan agar penyandang disabilitas mendapatkan penanganan kesehatan.
"Ini harus diberikan kemudahan dan kita lindungi. Jangan nantinya ada keluhan orang disabilitas tidak bisa berobat saat sakit," kata pria yang akrab dipanggil Wong ini.
Kalau untuk lansia atau orangtua, Wong berharap Dishub Medan memiliki peraturan yang melindungi kebebasan lansia dapat mempunyai fasilitas untuk dapat naik ke dalam mobil atau bus.
"Contohnya di luar negeri (Singapura), ada fasilitas khusus untuk orangtua dan kaum disabilitas saat naik dan turun dari bus masal, saat bus berhenti," jelasnya.
Politisi PDI Perjuangan ini menyebutkan, di Kota Medan untuk fasilitas penyandang disabilitas masih minim. “Banyak jalan di Kota Medan tidak sesuai dengan penyandang disabilitas. Itu juga harus dicantumkan dalam Ranperda ini," tegasnya.
Kepada wartawan Wong menegaskan bahwa Ranperda ini merupakan rapat lanjutan pembahasan dalam penyusunan Ranperda Kota Medan tentang Perlindungan terhadap Disabilitas dan Lanjut Usia
"Ranperda ini nantinya sebagai perlindungan terhadap kaum disabilitas dan lanjut usia, baik dalam pendidikan, kesehatan, insfrastruktur dan tenaga kerja. Pembahasan ini masih setengah, nanti akan kita lanjut lagi," tuturnya didampingi Sukamto. SE (Fraksi PAN).
Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Badan Anggaran DPRD Kota Medan ini juga dihadiri Anggota Pansus, Dinas Sosial Kota Medan, Dinas Kesehatan Kota Medan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana,dan Bagian Hukum Setda Kota Medan. (A5/b)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Dishub Kota Medan Terapkan Parkir Berlangganan Mulai 1 Juli
Dishub Terapkan Parkir Berlangganan per 1 Juli Bersamaan HUT Kota Medan, Ini Tarifnya
Hingga April Ditemukan 51 Kasus DBD di Dairi, Dinkes Imbau Warga Pola Hidup Bersih
Kadinkes Deliserdang dr Aci Sosialisasikan Cukup Bawa KTP Berobat Gratis
Penanggulangan TBC Harus Aktif Temukan Kasus Didukung Mobile X-Ray dan Tes TCM
Kadinkes Deliserdang dr Aci Bersama Warga Paya Itik Ikuti Pilot Project Jumat Bersih
komentar
beritaTerbaru