Workshop “Mediator” Kadri Boy Ladani Tarigan: Literasi Digital dan Verbal Gen-Z Harus Ditingkatkan


403 view
Workshop “Mediator” Kadri Boy Ladani Tarigan: Literasi Digital dan Verbal Gen-Z Harus Ditingkatkan
Foto: Ist/harianSIB.com
Kadri Boy Ladani Tarigan
Medan (SIB)
Maestro mediator Kadri Boy Ladani Tarigan mengatakan, literasi digital dan verbal Genersi-Z (Gen-Z) harus ditingkatkan. Hal itu dibutuhkan agar kondisi sosial kemasyarakatan bangsa semakin berkualitas ke depan.
“Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan yang makin komplek, berbagai aspek kehidupan membutuhkan ‘mediasi’ terukur. Apalagi untuk dalam penyelesaian konflik. Mulai beraroma SARA, konflik antar budaya, kelompok dan golongan yang tiba-tiba terjadi,” ujar mediator nasional asal Sumut tersebut di Medan, Selasa (24/10).
Workshop “Mediator” terseut ditujukan khusus utuk Gen-Z dalam UKM Solagratia Creative Community di Aula Polimedia PSDKU Medan di Jalan Guru Sinumba, Helvetia Ujung, Medan. Peserta dibatasi pada individu yang lahir pertengah 1990-an sengaja sebab merupakan generasi yang dianggap rentan terpapar informasi dan komunikasi melalui teknologi digital.
Menurutnya, generasi seperti itu memiliki akses ke berbagai pandangan, informasi dan perspektif yang berbeda dari kalangan kelompok lain. “Kecenderungan inilah yang dapat menyebabkan konflik, ketidaksetujuan, dan misinterpretasi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, tegasnya.
Kadri Tarigan mengatakan, peran mediator dalam melakukan mediasi harus mematuhi kode etik yang sudah digariskan. “Kode etik itu diperlukan dalam upaya profesional dalam menjalankan tugas profesionalisme,” ujar jurnalis senior tersebut.
Hadir di kegiatan itu Kepala Unit kampus Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Medan, Komda Saharja SKom MPd dan Koordinator Unit Kegiatan Mahasiswa SCC Sidang Perangin Angin MKom.
Sidang Peranginangin menilai kegaitan idealnya dilakukan berkala. “Workshop seperti ini harus rutin dilaksanakan untuk menambah wawasan dan pengalaman untuk membuat kebaikan,” ungkapnya.
Maria Sembiring dari peserta mengatakan workshop bermanfaat sebagai bekal untuk bergaul dalam lingkungan masyarakat ragam strata sosial. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com