Wujudkan Tebingtinggi Smart City, Diskominfo Bangun Jaringan Terintegrasi dan Terpusat

* Wali Kota Umar : Transformasi Digital Bahagian Pencapaian Smart City

303 view
Wujudkan Tebingtinggi Smart City, Diskominfo Bangun Jaringan Terintegrasi dan Terpusat
(Foto SIB/Humala Siagian)
SAMPAIKAN : Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan saat diwawancarai awak media, Rabu (8/12).

Tebingtinggi (SIB)

Pemko Tebingtingtinggi menargetkan Akhir Tahun 2021 Tebingtinggi sudah terhubung fiber optik untuk lingkungan pemerintahan, pendidikan, kesehatan, dunia usaha, kedaruratan dan fasilitas umum. Hal ini dalam upaya mewujudkan transformasi digital menuju smart city.


Demikian disampaikan Wali Kota Tebingtinggi, Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM didampingi Kadis Kominfo Tebingtinggi Dedi Parulian Siagian kepada awak media di Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (8/12).


“Saat ini Smart City di Tebingtinggi sudah terhubung untuk kepentingan pemerintahan, pendidikan, kesehatan, dunia usaha, kedaruratan dan fasilitas umum,” jelas Umar Zunaidi.


Wali Kota menjelaskan Pemerintah Kota melalui Dinas Komunikasi dan Informatikan telah membagun jaringan fiber optik yang terpusat dan terintegrasi dan sejak Tahun 2018 hal ini sudah mulai dilaksanakan.


“Pertama 2018, membangun jaringan feber optik yang menghubungkan seluruh OPD dan ini sudah terlaksana,” jelas Umar.


Disampaikan Umar, setelah OPD terhubung, sistem surat masuk dan keluar di Pemko Tebingtinggi sudah dengan digital. Begitu juga dengan pelayanan masyarakat, Pemko Tebingtinggi sudah menggunakan sistem digital berupa e-lapor dan e-money.


Sedangkan dalam bidang pendidikan, kesehatan dan layanan publik terutama dalam masa pandemi Covid-19, Pemko Tebingtinggi di November 2021 telah selesai membangun jaringan fiber optik ke 91 sekolah mulai dari TK/PAUD,SD dan SMP, 35 kelurahan, 9 Puskesmas dan 8 titik internet publik.


“Semuanya terpusat di data center Dinas Kominfo dan Informatika Tebingtinggi,” jelas Wali Kota

Nantinya jaringan fiber optik ini akan menyuplai internet secara merata keseluruh titik yang telah terhubung.


“Nantinya pemanfaatan jaringan fiber optik ini dapat mendukung proses belajar mengajar di sekolah, layanan kesehatan di seluruh Puskesmas, layanan publik diseluruh kelurahan dan penggunaan internet gratis di area publik,” jelas Umar.


Dengan terhubungnya fiber optik untuk seluruh sekolah khususnya sekolah, negeri di Tebingtinggi diharapkan bisa meningkatkan mutu layanan pendidikan.


Ketersediaan jaringan internet juga sebagai bentuk antisipasi kesiapan Pemko Tebingtinggi dalam menghadapi kemungkinan terjadinya kembali lonjakan kasus Covid-19 yang mengharuskan proses belajar mengajar dilakukan secara daring. (BR3/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com