Yusman Zega: Rumdis Wabub Nias Utara di Fulolo Belum Layak Ditempati


563 view
Yusman Zega: Rumdis Wabub Nias Utara di Fulolo Belum Layak Ditempati
(Foto: SIB/Fabooni Zaita)
BELUM DITEMPATI:  Sejak dibangun tahun 2018, rumah dinas Wakil Bupati Nias Utara di Desa Fulolo, Kecamatan Lotu, belum di tempati. Foto diambil, Jumat (10/9/2021). 
Nias Utara (harianSIB.com)
Dalam beberapa hari terakhir, rumah dinas (rumdis) Wakil Bupati Nias Utara, di Desa Fadoro Fulolo, Kecamatan Lotu, yang dibangun pada 2018 dengan biaya Rp 2 miliar, ramai diperbincangkan karena hingga kini belum difungsikan.

Wakil Bupati Yusman Zega sebagaimana dilaporkan jurnalis Koran SIB Fabooni Zaita, Jumat (10/9/2021), menanggapi hal itu dengan mengatakan, rumah dinas tersebut belum ditempati karena tidak memenuhi standar hunian.

Menurutnya, selain akses jalan, rumah dinas yang dibangun pemerintah sebelumnya itu, kondisinya kini sangat memprihatinkan. Pintu dan kaca jendela hampir seluruhnya rusak. Begitu juga plafon sudah berjatuhan sehingga butuh rehab total.

Bahkan saat dilakukan pengecekan beberapa waktu lalu, kata Yusman, bagian belakang terlihat terbuka begitu saja karena belum dipagar. Air dan listrik belum teraliri sehingga belum layak kalau dijadikan tempat hunian.

Oleh karenanya, untuk mempercepat pemanfaatan bangunan itu, kata dia, tahun depan pihaknya akan menganggarkan dana agar rumah dinas itu dapat difungsikan.

"Tahun ini belum bisa direhab karena ketersediaan dana sangat terbatas," kata Yusman.

Sebelumnya, rumah dinas wakil bupati di Desa Fulololo tersebut, ramai di perbincangkan di media sosial karena sempat dihebohkan akan ditempati. Sehingga masyarakat mencoba mengingatkan agar tidak dibiarkan terlantar.(*)


Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com