Bupati dan Kapolres Batubara Tinjau Vaksinasi Massal

Zahir: Kalau Sayang Keluarga, Jangan Mudik

* Hari Ketiga Ops Ketupat Toba, Puluhan Kendaraan Diputar Balik

143 view
Foto: Dok/Kominfo
TINJAU : Bupati Batubara Zahir bersama Kapolres AKBP Ikhwan Lubis dan Kadis Kesehatan Wahid Khusyairi saat meninjau vaksinasi massal Covid-19 di Tanjung Gading, Sabtu (8/5).
Batubara (SIB)
Bupati Batubara Zahir bersama Kapolres AKBP Ikhwan Lubis meninjau vaksinasi massal Covid-19 di Tanjung Gading, Sabtu (8/5).

"Ini lanjutan dari kegiatan vaksinasi Pemkab Batubara kepada masyarakat dan pegawai BUMN, hari ini kita buat secara masssal," sebut Zahir.

Disebutkan, hingga saat ini masyarakat Batubara yang sudah divaksin Covid-19 sebanyak ribuan. Upaya pencegahan dan mempersiapkan diri untuk melawan virus corona terus berjalan.

Zahir meminta masyarakat mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Hal itu untuk kebaikan semuanya, guna penyelamatan nyawa manusia.

"Kalau sayang istri, anak, orang tua dan keluarga, jangan mudik. Virus corona tidak bergerak, yang menggerakkan itu manusia kemana-mana," ujarnya.

Menurut dia, ada sanksi bagi yang melakukan mudik. "Kita bersama Polri dan TNI melakukan check point disetiap pintu masuk di Kabupaten Batubara. Bagi yang tidak memiliki surat izin keluar masuk dan dokumen kesehatan, kita suruh putar balik," sebut Zahir.

Ia mengatakan, masyarakat yang diperbolehkan bepergian saat masa larangan mudik diberlakukan adalah kunjungan duka meninggal dunia, pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan serta bagi yang bekerja. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi.

Kata dia, orang sakit dan melahirkan harus ada surat rujukan dari rumah sakit dan surat izin keluar masuk dari kepala desa. Tapi, jumlah perdampingnya berbeda. Untuk sakit satu orang dan melahirkan dua orang.

Sementara, lanjut Zahir, kunjungan duka meninggal dunia, cukup surat izin keluar masuk dari kepala desa. Sedangkan, jika dia kerja, harus ada surat dari pimpinan perusahaan.

Kadis Kesehatan Batubara Wahid Khusyairi menyebutkan, vaksinasi massal berjumlah sekitar 500 orang yang terdiri dari, lansia, guru, karyawan dan masyarakat umum.

PUTAR BALIK
Pada hari yang sama Bupati Batubara Zahir bersama Kapolres AKBP Ikhwan Lubis juga meninjau pos check point penyekatan di perbatasan di Kecamatan Laut Tador, Sabtu (8/5).

Hasil dari peninjaun itu, sejumlah kendaraan seperti angkutan umum dan mobil pribadi yang hendak masuk ke Kabupaten Batubara disuruh putar balik.

Menurut Zahir, pos check point didirikan untuk memonitor siapa saja yang keluar-masuk di Kabupaten Batubara untuk mencegah masyarakat mudik.

Dia mengimbau kepada warga untuk tidak mudik dan jika diharuskan bepergian, harus selalu membawa dokumen atau surat sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Bupati Zahir meminta kerja sama seluruh masyarakat agar bersedia diperiksa dengan bersama-sama untuk tidak mudik dan juga mendukung program pemerintah. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis mengatakan, perjalanan keluar kota maupun masuk ke Batubara terlihat sepi, yang banyak truk pengangkut barang antar kabupaten dan propinsi.

Menurut dia, hari ketiga pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2021, pihaknya memutar balik puluhan kendaraan, baik itu mobil pribadi maupun angkutan umum. (E7/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com