Zona Hijau Covid-19 Sumut Turun, Zona Merah Nihil


213 view
Zona Hijau Covid-19 Sumut Turun, Zona Merah Nihil
Foto: Internet
Ilustrasi
Medan (harianSIB.com)

Zona hijau (tidak ada kasus) penyebaran Covid-19 di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengalami penurunan. Kini, jumlahnya menjadi 13 kabupaten/kota, setelah berkurang 1 daerah karena masuk ke zona kuning (risiko rendah). Sedangkan 19 kabupaten/kota lainnya juga masuk zona kuning. Sementara zona merah nihil.

Berdasarkan data yang disampaikan Satgas Penanganan Covid-19 Pusat melalui website resminya di laman https://covid19.go.id/peta-risiko, kabupaten/kota di Sumut yang masuk zona hijau antara lain Pakpak Bharat, Nias Barat, Tebingtinggi, Toba, Labuhanbatu Selatan, Sibolga, Karo, Humbang Hasundutan, Nias Utara, Langkat, Tapanuli Utara, Padangsidimpuan, dan Nias Selatan.

Sedangkan zona kuning yakni Pematangsiantar, Asahan, Gunungsitoli, Padanglawas, Batubara, Serdang Bedagai, Mandailing Natal, Binjai, Medan, Labuhanbatu Utara, Simalungun, Tapanuli Selatan, Padanglawas Utara, Dairi, Deliserdang, Nias, Tapanuli Tengah, Tanjung Balai, dan Samosir. Khusus Kabupaten Mandailing Natal, baru turun level masuk ke zona kuning dari sebelumnya zona hijau.

Penetapan status zonasi risiko penyebaran Covid-19 daerah tersebut, dihitung berdasarkan sejumlah indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan melalui epidemiologi, seperti penurunan jumlah kasus positif, jumlah keterisian tempat tidur di ruang isolasi rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19 dan sebagainya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah mengingatkan masyarakat tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19 dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Terlebih, saat ini telah muncul varian baru Omicron.

"Selalu terapkan protokol kesehatan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan hindari kerumunan," kata Aris Yudhariansyah, Rabu (26/1/2022).

Ia menuturkan walaupun saat ini di beberapa daerah telah terjadi penurunan kasus Covid-19 secara signifikan, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa terjadi lonjakan. Bahkan, untuk daerah yang telah ditetapkan sebagai zona hijau sekalipun bisa meningkat kasus baru positif Covid-19.

"Protokol kesehatan tetap harus dipatuhi. Pemerintah terus memonitor dan juga terus bekerja agar jumlah kasus baru tidak meningkat lagi. Kita harapkan semua aktivitas bisa berjalan normal dan virus corona hilang dari Sumut," tutupnya. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com