dr Susanti Dewayani SpA akan Dilantik Menjadi Wali Kota Pematangsiantar


251 view
dr Susanti Dewayani SpA akan Dilantik  Menjadi Wali Kota Pematangsiantar
Foto: Ist/harianSIB.com
Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr. Hj. Susanti Dewayani SpA.

Medan (SIB)

Wakil Wali Kota Pematang-siantar dr Susanti Dewayani SpA akan dilantik menjadi Wali Kota Pematangsiantar. Saat ini berkasnya sudah dalam proses finalisasi dan menunggu surat keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).


Hal itu dikatakan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Setdaprov Sumut Zubaidi melalui Kepala Bidang Otda Ahmad Rasyid Ritonga AP MAP kepada wartawan, Selasa (24/5) di Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan.


Dijelaskan, Pemprov Sumut sudah mengusulkan Wakil Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani ke Mendagri agar dilantik menjadi Wali Kota definitif.


"Kami juga sudah berkoordinasi ke Mendagri dan katanya tidak ada masalah dan berkasnya sudah proses finalisasi. Jadi kita tinggal menunggu, mudah-mudahan dalam waktu dekat SK-nya turun maka akan segera dilakukan jadwalan pelantikan," katanya.


Sementara untuk jabatan Wakil Wali Kota Pematangsiantar setelah dilantiknya Susanti Dewayani menjadi wali kota, maka akan ada kekosongan jabatan wakil wali kota. Sehingga sesuai dengan mekanisme yang berlaku akan dilakukan proses pengusulan terhadap wakil wali kota oleh partai pengusung pemenang Pilkada.


Partai pengusung akan mengajukan 2 nama calon yang akan menjadi wakil wali kota untuk dipilih pada sidang Paripurna DPRD Pematangsiantar.


Sebagaimana diketahui Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sudah melantik Susanti Dewayani sebagai Wakil Wali Kota Pematang-siantar periode 2022-2027.


Susanti diambil sumpah jabatannya di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Selasa (22/2) lalu.


Susanti Dewayani dilantik Gubernur Sumut Edy Rahmayadi karena Wali Kota terpilih Pematangsiantar hasil Pilkada Pematangsiantar 2020 Ir Asner Silalahi meninggal dunia. (A13/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com