15 Jam Pembersihan Material Longsor, Arus Lalin Medan-Karo Kembali Lancar

* 1 Sopir Truk Colt Diesel Tewas

448 view
15 Jam Pembersihan Material Longsor, Arus Lalin Medan-Karo Kembali Lancar
Foto SIB/Leo Bukit
BERSIHKAN MATERIAL: Satu alat berat sedang membersihkan material di Jalan Jamin Ginting Km 31, Jumat (4/12/2020).
Sibolangit (SIB)
Arus lalu lintas (Lalin) Medan-Karo kembali lancar akibat longsor yang menutup Jalan Jamin Ginting, Jumat (4/12). Kapolsek Pancurbatu melalui Kanit Lantas Polsek Pancurbatu Iptu Sehat Sinulingga mengatakan, arus lalu lintas kembali lancar setelah material longsor dibersihkan.

Ia mengatakan, selama 15 jam personil Polrestabes Medan, Polsek Pancurbatu dan PU membersihkan material longsor yang parah berada di kawasan Km 31, Desa Bingkawan, Kecamatan Pancurbatu dan Km 36 Tirtanadi, Sibolangit.

"Ada 2 titik yang longsor berat di Bingkawan dan Tirtanadi. Di titik lokasi lainnya hanya yang jatuh ranting kecil. Proses pembersihan material mulai dikerjakan dari Kamis, 3 Desember 2020 pukul 22.00 WIB hingga Jumat, 4 Desember 2020 pukul 13.00 WIB," sebutnya.

Personel yang diturunkan ke lokasi sebanyak 28 orang dari lantas Polrestabes Medan diturunkan untuk membantu membersihkan material longsor. "Tadi malam personil yang diturunkan dari Polrestabes Medan sebanyak 8 orang, paginya sebanyak 20 orang termasuk Kasat Lantas dan Wakasat Lantas Polrestabes ikut turun," ungkapnya.

Ia memperkirakan waspada longsor sampai akhir Desember 2020, karena kawasan Provinsi Sumut sedang menghadapi musim hujan. Ke depannya, Iptu Sehat Sinulingga meminta PU Deliserdang lebih proaktif dengan adanya bencana alam ini.

"Saya minta ke PU Deliserdang untuk lebih proaktif dengan bencana alam seperti sekarang ini. Memang alat berat dari mereka, tapi alat pendukung lainnya kurang memadai," ketusnya.

Ia mengatakan, akibat longsor yang telah terjadi dini hari , seorang pengemudi truk Colt Diesel dinyatakan meninggal dunia setelah tertimpa pohon dan tertimbun tanah longsor di perbatasan Desa Rambung dan Desa Bingkawan, Kecamatan Pancurbatu.

"Korban sudah berada di Rumah Sakit Bhayangkara Medan. Peristiwa ini terjadi Kamis 3 Desember 2020 malam, ketika truk pengangkut material bangunan jenis semen ini melintas dari Medan menuju Karo atau tepatnya di Km 31," sebutnya.

Sebelumnya Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar menyampaikan untuk di Rambung Baru, bencana longsor yang terjadi juga menimpa sebuah mobil truk sehingga menyebabkan 1 orang meninggal dunia. "Saat ini korban meninggal sudah di bawa ke rumah sakit," ungkapnya. (M17/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com