2 Pimpinan BKAG Wafat, Pdt Willem Bangun Minta Gereja Bimbing dan Ajarkan Jemaat Patuh Prokes


750 view
2 Pimpinan BKAG Wafat, Pdt Willem Bangun Minta Gereja Bimbing dan Ajarkan Jemaat Patuh Prokes
Foto Dok
Pdt Dr Willem Bangun MH MTh
Medan (SIB)
Dua mantan Ketua Umum (Ketum) Badan Kerjasama Antar-Gereja (BKAG) Medan meninggal dalam waktu berdekatan. Keduanya adalah Pdt Midian Sirait STh MTh dan Pdt Sunggul P Sirait STh. Atas duka tersebut, Ketum BKAG Medan Pdt Dr Willem Bangun MH MTh menyampaikan duka yang mendalam. “Selain berdoa dan hening cipta, gereja pun harus semakin mengetatkan pengindahan protokol kesehatan (prokes) karena tren gelombang virus corona masih nyata,” ujarnya di GBI Hotel Pelangi Medan didampingi Pdt Dr Hendra Lumbantobing di Medan, Kamis (4/2).

Sebagaimana diberitakan, Pdt Midian Sirait dan Pdt Sunggul Sirait wafat, bukan karena Covid-19. Tetapi, di sejumlah wilayah, daftar gembala jemaat dan hamba-Nya yang terpapar dan meninggal, semakin bertambah. Pdt Willem Bangun meminta seluruh warga gereja untuk patuh prokes serta semaksimalnya menjalani pola hidup sehat. “Gereja pun diharap mengajarkan dan memberi contoh terbaik pada jemaatnya untuk mengikuti prokes,” tegasnya.

Bersamaan dengan itu, alumni pendidikan jurnalistik di Australia itu meminta otoritas merekomendasikan prioritas vaksinasi pada gembala jemaat. Hal tersebut mengingat para hamba-Nya cenderung harus bertemu orang banyak, jemaat yang beda latar belakang. “Karena kewajiban harus mengabarkan kabar suci Injil, gembala jemaat mau tidak mau bertemu dengan siapa saja. Itulah alasan permintaan diprioritaskan divaksinasi,” tegasnya.

Bersamaan dengan itu, lanjutnya, gereja diimbaunya untuk reaktif dan kerja ekstra dalam mengadakan kebaktian. Misalnya mengadakan kebaktian dengan gelombang dengan batasan seperti yang direkomendasikan. “GBI Hotel Pelangi mewajibkan, jemaat yang masuk ruangan maksimal 50 persen dari kapasitas. Harus patuh prokes dan bermasker serta mencuci tangan plus memakai hand sanitizer,” tambah alumni Kriminolog UI Jakrta tersebut.

Ia menegaskan kiranya gereja-gereja khususnya yang bergabung dalam BKAG Medan melakukan hal serupa.
Sebelumnya, Sekretaris Umum BKAG Medan Pdt Dr Suardin Gaurifa MTh mengatakan, pihaknya sudah mengimbau gereja-gereja di Medan untuk menggelar ibadah virtual. Menyusul pandemi sudah tidak terlalu liar, ibadah dengan kapasitas yang dianjurkan. (R10/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com