2018, Dinkes Sergai Targetkan Cakupan POPM Filariasis 65 Persen


246 view
2018, Dinkes Sergai Targetkan Cakupan POPM Filariasis 65 Persen
SIB/M Reza Fahlefi
FOTO BERSAMA : Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya SE didampingi Kadinkes Bulan Simanungkalit, Wakapolres Kompol Edi Bona Sinaga dan perwakilan Dandim 0204/DS foto bersama dengan pelajar usai pelaksanaan POPM filariasis, Senin (1/9) di Halaman Kantor Bupati
Sergai (SIB)- Pemkab Serdangbedagai (Sergai) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menargetkan  Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis (Kaki Gajah) tahun 2018 mencapai 65 persen lebih. Hal itu dikemukakan Kadinkes dr Bulan Simanungkalit MM kepada SIB usai pelaksanaan POPM kepada puluhan pelajar, Senin (1/10) di Halaman Kantor Bupati Sergai.

"Di 2005 Kemenkes melakukan survey dengan memeriksa lebih dari 1 persen atau 500 orang sampel. Dari sampel itu, ditemukan 10  penderita filariasis. Sejak itu, Kabupaten Sergai diyatakan daerah endemis penyakit filariasis dan harus melaksanakan POPM secara rutin selama 5 tahun," ujarnya.

Dia juga menambahkan, mulai 2014 hingga sekarang, Pemkab Sergai secara rutin serentak memberikan obat filariasis di setiap bulan Oktober."Di 2014 perolehan cakupan POPM mencapai 90,7 persen. Untuk 2015 cakupannya 98 persen, 2016 dan 2017 cakupannya 92 persen," tambah Bulan.

Lebih lanjut Bulan Simanungkalit juga menyebut, di 2019 Kabupaten Sergai berencana melakukan evaluasi pelaksanaan POPM filariasis di dua kecamatan yakni Telukmengkudu dan Tebingtinggi."Selain untuk mengetahui sejauh mana penyebaran microfilariasis, hal itu dilakukan guna membebaskan Sergai dari penyakit kaki gajah sesuai komitmen pemerintah agar Indonesia terbebas filariasis di 2020," papar Kadinkes.

Sementara itu, Wakil Bupati Darma Wijaya didampingi Wakapolres Sergai Kompol Edi Bona Sinaga dan perwakilan Kodim 0204/DS menyampaikan apresiasi dan dukungan penuhnya terhadap Dinkes untuk membebaskan masyarakat dari endemis penyakit filariasis.

"Aparat dari kepolisian dan TNI siap menyukseskan program pemerintah dalam hal menyelamatkan generasi bangsa dari filariasis," ucapnya.(MRF/c)

Tag:2018
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com