Aklamasi, Pdt Wiliem Bangun Terpilih Jadi Ketua BKAG Medan Lanjutkan Kepemimpinan Alm Pdt Sunggul Sirait


1.104 view
Aklamasi, Pdt Wiliem Bangun Terpilih Jadi Ketua BKAG Medan Lanjutkan Kepemimpinan Alm Pdt Sunggul Sirait
Foto Dok/Pdt Dr Wiliem Bangun MH MTh
Pdt Dr Wiliem Bangun MH MTh 

Medan (SIB)

Pdt Dr Wiliem Bangun MH MTh terpilih menjadi Ketua Umum Badan Kerjasama Antar-Gereja (BKAG) Kota Medan dalam musyawarah yang digelar di GBI Hotel Pelangi Medan, Kamis (7/1). Kepemimpinan masa bakti 2019 - 2023 tersebut meneruskan tugas dan tanggung jawab Pdt Sunggul P Sirait STh yang wafat pada 1 Januari 2021.

Sekretaris Umum BKAG Medan Pdt Dr Suardin Gaurifa MTh mengatakan, sesuai AD/ART organisasi bila badan pengurus harian (BPH) berhalangan tetap maka diganti dengan cara pemilihan. “Tadi ada tiga kandidat. Satu tak hadir, satu lagi mengundurkan diri sesaat hendak pemilihan, hingga Pdt Williem Bangun terpilih secara aklamasi,” tegas dosen doktoral di STT Pelita Harapan tersebut, seusai pemilihan.

Sebelum terpilih menjadi ketua umum, Pdt Williem Bangun di posisi Ketua I. Posisi yang ditinggalkan peraih beasiswa di Krimonologi UI tersebut diisi Pdt Tenang Ukur Barus dari GBKP. “Dengan demikian, kepengurusan BPH Ketua Umum, Pdt Dr Wiliem Bangun MTh, Ketua 1 Justan Silaban SPak dan Ketua III Pdt Rimhot Simamora MTh,” jelasnya.

Usai terpilih, Pdt Williem Bangun di forum mengatakan bahwa program kerja yang dilakukan meneruskan apa yang sudah digariskan sebelumnya. “Mungkin ada penyesuaian sesuai kondisi dan situasi yang berkembang sesuai era dan kebutuhan, seperti akan dibentuk Dewan Kode Etik BKAG guna memberi hak dan tanggung jawab pada anggota lebih dekat dengan apa yang digariskan Alkitab,” ujarnya.

Program lain, lanjut Ketua Umum BKAG Medan, penekanan pada pelayanan sosial dan melayani masyarakat. “Yang tak berubah, BKAG tetap menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan moral agama. BKAG Medan ada berhimpun 50 denominasi. Ini suatu kekuatan sangat besar dalam upaya membangun ke arah lebih baik secara moral Kristiani,” ujarnya.

Dengan terpilihnya ketua umum, berarti BKAG Medan memiliki pasangan nakhoda baru karena tiga bulan lampau sekretaris umum diisi Pdt Dr Suardin Gaurifa menggantikan Pdt Leavental S Kumenit STh MMin yang mutasi ke daerah lain. “Memang sesuai AD/ART, pergantian personel harus dengan pemilihan,” jelas Pdt Dr Eben Siagian didampingi Bendum Risma Nadeak SPAK.

Dalam pemilihan ketua umum, seluruh pengurus BPH hadir termasuk undangan mewakili sinode. Terlihat Pdt Krisman Saragih STh dari Gereja Pentakosta SU, Koordinator Dana Dra Redi Nurmauli Simatupang, Bendahara I Rudywaty, Bendahara II Pdt Ricardo Sitorus STh, Pdt Rusmala Dewi Munthe STh MA, Sekretaris I Pdt Eddy DS Hutauruk MTh, Pdt Janfrasman Saragih dan Pdt Dr Eben Siagian yang Wakil Ketua PGI W SU-Aceh, Ketua Umum Majelis Pimpinan Umum Gereja Kristen Pentakosta Pdt EJ Hutahaean SH MMin.

Pdt Krisman Saragih mengapresiasi hasil pemilihan dan mengajak semua anggota BKAG Medan untuk saling bergandengan tangan dalam memberhasilkan program untuk menebalkan iman Kristiani warga pengikut yesus Kristus di Medan. (R10/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com