Anggota DPRD SU Apresiasi Gebrakan Baru Wali Kota Medan Berlakukan Berobat Gratis Gunakan KTP


415 view
Anggota DPRD SU Apresiasi Gebrakan Baru Wali Kota Medan Berlakukan Berobat Gratis Gunakan KTP
Foto: Dok/Firdaus
Salmon Sumihar Sagala

Medan (harianSIB.com)

Anggota DPRD Sumut Salmon Sumihar Sagala mengapresiasi gebrakan baru Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yang membolehkan masyarakat menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan surat keterangan yang sah lainnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan atau berobat di sejumlah rumah sakit di Medan secara gratis mulai 1 Desember 2022.

"Kita juga berharap kepada Gubernur Sumut, bupati/wali kota di Sumut memberlakukan kebijakan yang sama atau dengan kata lain terinspirasi membuat program konkret serupa untuk memenuhi pelayanan kesehatan bagi warga di Sumut," ujar Salmon Sumihar Sagala kepada wartawan, Rabu (30/11/2022), melalui telepon di Medan.

Apalagi diketahui, tambahnya, urusan kesehatan ini merupakan pelayanan dasar bagi masyarakat yang sangat mendesak untuk dipenuhi, tidak ada salahnya diikuti oleh Gubernur Sumut, bupati dan wali kota di Sumut, agar program Sumut sehat atau rakyat tidak sakit bisa menjadi kenyataan.

Anggota dewan Dapil Karo, Dairi dan Pakpak Bharat ini, merespon kabar gembira yang disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution yang menyatakan berobat gratis dengan menggunakan KTP merupakan jawaban bagi mereka yang tak bisa memakai kartu BPJS Kesehatan, karena belum memiliki atau yang menunggak.

"Langkah ini selain membuat masyarakat tidak lagi kesulitan berobat, kepada rumah sakit pemerintah dan swasta diharapkan meningkatkan mutu pelayanan secara maksimal, khususnya kepada warga yang tidak mampu," tambah mantan anggota DPRD Karo ini.

Salmon juga mendorong rumah sakit untuk mensosialisasikan layanan gratis tersebut, agar tidak ada keraguan dan mis informasi bagi keluarga pasien yang datang dan ingin berobat ke rumah sakit.

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com