Ikhlas Melayani Masyarakat Selama 3 Periode Menjabat Kades

Antarkan Darma Sutra SE Jadi Anggota DPRD Sergai


195 view
Antarkan Darma Sutra SE Jadi Anggota DPRD Sergai
Foto: Ist/harianSIB.com
Darma Sutra, SE

Sergai (SIB)

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Sergai berhasil meloloskan 15 kadernya duduk di DPRD Sergai hasil Pemilu 14 Februari lalu termasuk Darma Sutra SE.

Ia meraih suara kedua terbanyak dari PDI-P di daerah pemilihan (Dapil) 1 Sergai, meliputi Kecamatan Perbaungan dan Pantaicermin, dengan meraih 5.895 suara sesuai Keputusan KPU Sergai nomor 834 tahun 2024 tentang penetapan hasil Pemilu anggota DPRD Sergai tahun 2024, perolehan suara sah dan peringkat suara sah calon anggota DPRD Sergai setiap partai politik peserta Pemilu tahun 2024.

"Alhamdulilah, terima kasih atas kepercayaan dan dukungan masyarakat kepada saya untuk menjadi anggota DPRD Sergai dari Dapil 1," ungkap Darma Sutra kepada harianSIB.com, Senin (1/4). Putra asli kelahiran Perbaungan berusia 48 tahun ini sejak muda bercita-cita ingin melayani masyarakat dan memajukan tanah kelahirannya.

Guna mewujudkan cita-citanya, ia mengawali dengan mencalonkan diri menjadi kepala desa (Kades) Deli Muda Hulu, Kecamatan Perbaungan.Tidak tanggung-tanggung, Darma Sutra berhasil menjabat Kades Deli Muda Hulu selama 3 periode berturut-turut, mulai 2004-2023. Hal ini menunjukkan kinerja Darma Sutra selama menjabat kepala desa disenangi masyarakat setempat.

"Bekerja ikhlas dalam melayani dan menangani berbagai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat. Karena sebaik-baiknya kita, harus bisa bermanfaat bagi orang lain," ujar Darma menjawab kiat suksesnya menjadi Kades.

Selama tiga periode menjabat Kades, Darma sukses merubah Desa Deli Muda Hulu menjadi lebih maju, baik dari segi pembangunan maupun pemberdayaan masyarakatnya.

Selain itu, ia juga dipercaya menjadi Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sergai periode 2021-2023. Ini juga menunjukkan jiwa kepimimpinan Darma Sutra diakui rekan sesama kepala desa.

Sukses menjalankan tugas sebagai Kades yang oleh peraturan dibatasi sampai 3 periode saja, tidak menyusutkan semangat pria yang pernah menjadi pengurus dan pengawas di Koperasi Usaha Pinggir Jalan (KUPJ) Sumut, perusahaan yang bergerak di bidang koperasi simpan pinjam dan transportasi ini, ia justru melanjutkan kiprahnya lewat jalur partai politik.

Darma Sutra kemudian bergabung di PDI-P Sergai, dan mencalonkan diri menjadi calon anggota legislatif di DPRD Kabupaten Sergai di Pemilu 2024.

Berbekal pengalaman melayani masyarakat selama menjabat Kades, serta sifat suka menolong, dan hidup sosial bermasyarakat yang dimiliki pria yang masih bekerja di PT Indah Pontjan, berhasil mengantarkan dirinya terpilih menjadi salah satu anggota DPRD Sergai dari Dapil 1.

"Dengan menjadi anggota DPRD, saya bisa berbuat lebih banyak lagi. Tidak terbatas hanya melayani warga desa seperti saat saya menjabat Kades, melainkan bisa membantu dan melayani masyarakat Kabupaten Sergai pada umumnya," ujarnya.

Selain itu, ia juga berkomitmen untuk membantu pemerintah kabupaten lewat sumbangsih pikiran dan ide-ide inovatif untuk mendukung guna mewujudkan Sergai menjadi kabupaten yang "maju terus", mandiri, sejahtera, dan religius.

"DPRD kan mitra pemerintah daerah. Kita harus bersinergi dengan pemerintah daerah, dan mendukung program-program pembangunan yang dicanangkan pemerintah daerah, apalagi yang menyangkut hajat hidup dan kepentingan masyarakat banyak," tegasnya.

Darma Sutra yang saat ini masih menjabat Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Sergai ini, juga bercita-cita bisa membawa PS Sergai yang saat ini berlaga di liga 3, bisa lolos untuk berlaga di liga 2. "Doakan ya, target Askab Sergai untuk membawa PS Sergai berlaga di liga 2, bisa diwujudkan tahun depan," ungkapnya.(**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com