Antonius Tumanggor Minta Pemko Medan Distribusikan Bandwidth untuk Masyarakat


248 view
Antonius Tumanggor Minta Pemko Medan Distribusikan Bandwidth  untuk Masyarakat
Foto Dok
Antonius Devolis Tumanggor S Sos
Medan (SIB)
Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor S Sos melihat perlunya masyarakat menikmati fasilitas internet secara menyeluruh sampai ke pelosok. Apalagi di situasi pandemi Covid-19 saat ini, orang sangat membutuhkan informasi yang cepat terkait perkembangan dunia.

Antonius melihat, Pemko Medan ada memakai fasilitas internet di setiap instansi dengan kapasitas “bandwitdh” yang besar. Sementara diketahui pada jam-jam tertentu, seperti selesai waktu kerja kantor, saat hari libur dan hari besar, banyak kantor tidak memanfaatkan fasilitas internet. "Internet itu, dipakai ataupun tidak tetap dibayar, alangkah baiknya jika internet itu dapat dipakai masyarakat Kota Medan," kata Antonius kepada wartawan, Senin (14/12).

Menurut dia, di taman-taman kota , dapat disediakan fasilitas internet yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat diskusi, pusat informasi, olahraga dan lainnya, sehingga taman-taman akan ramai.

Barda Simatupang, pengamat perkembangan Informasi mengatakan, dia dapat memanfaatkan Bandwidth yang sedang tidak terpakai oleh Pemko Medan untuk di distribusikan kepada masyarakat Medan, seperti saat di luar jam kantor, hari libur dan tanggal merah.

"Caranya dengan memanfaatkan radiolink. Radiolink ini berguna sebagai pendistribusi “bandwitdh” yang tidak terpakai oleh Pemko Medan sebesar 70 persen untuk di distribusikan ke taman kota yang ramai umum oleh masyarakat Kota Medan,"ujarnya.

Tambahnya lagi, masyarakat yang menerima dan menggunakan internet gratis tidak akan dikenakan biaya apapun, karena internet yang digunakan adalah milik Pemko Medan yang tidak digunakan di saat diluar jam kerja, saat hari libur dan libur nasional.

Menurut dia, jika ini dapat direalisasikan oleh pemko, maka yang akan diuntungkan tidak hanya masyarakat, juga pemko.

"Secara tidak langsung, Pemko Medan telah memiliki media informasi kepada masyarakat secara gratis, dengan, penggunaan wifi di lokasi taman yang sudah tersedia fasilitas intenet," ungkapnya. (M10/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com