BBMKG "Warning" Pegunungan dan Lereng Timur Rawan Longsor


248 view
Medan (SIB)- Hujan lebat diprediksi masi akan terjadi dalam beberapa hari di sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I, Syahnan menyampaikan hujan lebat tersebut  khususnya berpotensi berlangsung di daerah pegunungan, pesisir dan lereng timur Sumut.

"Kita memberikan warning, karena hujan lebat ini dapat menyebabkan longsor dan genangan air di ketiga daerah itu," kata Syahnan kepada wartawan, Minggu (28/10).

Syahnan menjelaskan, berdasarkan prakiraan cuaca yang dilakukan, untuk hari Minggu hujan lebat diprediksi akan berlangsung di daerah Kabanjahe, Rantau prapat, Sidikalang dan Kota pinang pada siang hari.

Sedangkan untuk Seirampah, hujan lebat berlangsung pada pagi hari. "Sedangkan untuk hujan ringan dan sedang berpotensi terjadi di seluruh wilayah di Sumut, kecuali daerah Gunung tua," jelasnya.

Lebih lanjut Syahnan menerangkan, pada hari Senin (29/10), hujan lebat berpotensi mengguyur daerah Pandan, Tarutung, Kabanjahe, Sidikalang, Salak, Doloksanggul, Pangungguran dan Sibolga pada siang hari.

Sedangkan untuk daerah lain, umumnya hujan akan berlangsung dengan intensitas ringan dan sedang dibarengi cuaca berawan pada malam hari. "Di sini, longsor dan genangan air juga masih berpotensi terjadi akibat hujan lebat," terangnya.

Sedangkan, Selasa (30/10), Syahnan menyampaikan, intensitas hujan mengalami penurunan, sehingga hujan akan terjadi secara ringan. Hujan ini umumnya berlangsung pada siang dan dini hari di hampir seluruh wilayah di Sumut.

Kecuali daerah Tarutung, Gunungsitoli, Sidikalang, Telukdalam, Salak, Doloksanggul, Lahomi dan Lotu yang mana hanya diselimuti cuaca berawan. "Pada hari Selasa ini, kita juga tidak ada memberikan warning," pungkasnya. (A17/f)

Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com