BPN Deliserdang Selesai Ukur 13.500 Bidang Program PTSL di Beringin


458 view
BPN Deliserdang Selesai Ukur 13.500 Bidang Program PTSL di Beringin
Foto: Istimewa
Kepala BPN Deliserdang, Fauzi.
Lubukpakam (SIB)
Kepala Kantor ATR/BPN Deliserdang, Fauzi bersama Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan Marangkup Manullang, mengungkapkan pihaknya sudah selesai mengukur tanah masyarakat sebanyak 13.500 bidang program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di Kecamatan Beringin.

"Bulan Oktober 2020 sudah final 13.500 bidang selesai diukur di Beringin. Ya walau situasi pandemi, sebelum Januari 2020 petugas kita sudah bekerja di 9 desa yang ada di Kecamatan Beringin," kata Marangkup, Senin (19/10).

Sembilan desa itu di antaranya Desa Desa Beringin, Desa Karang Anyar, Desa Pasar V Kebun Kelapa, Desa Serdang, Desa Sidoarjo II Ramunia, Desa Sidodadi Ramunia, Desa Sidourip, Desa Tumpatan dan Desa Aras Kabu.

Dijelaskan, proses selanjutnya ialah melakukan pengumpulan berkas atau data yuridis surat menyuratnya. Hal itu dalam rangka proses penerbitan sertifikat. Dengan target akhir tahun 2020 PTSL di Beringin tuntas.

"Ada juga kendala, karena masyarakat juga takut soal pandemi ini. Kami menggunakan jajaran desa untuk membantu. Jadi kita tunggu saja nanti sertifikat PTSL dibagi di Desember 2020," terangnya.

Marangkup mengaku belum dapat memastikan untuk tahun depan di kecamatan mana program PTSL dilanjutkan. Sebelum Kecamatan Beringin sudah pernah dilakukan di Kecamatan Galang, Pagar Merbau dan Tanjung Morawa.

"Jika sudah ada surat dari Pusat untuk minta penetapan lokasi baru nanti kita lihat kecamatan mana nanti yang masih sangat rendah pendaftaran sertifikatnya. Yang nentukan usulannya dari kita memang baru kemudian kita teruskan ke Kanwil dan dari Kanwil ke Pusat. Yang jelas nanti kita evaluasi dan lihat kecamatan mana yang belum dapat subsidi PTSL atau PRONA," tandas Marangkup.(T05/c)

Penulis
: Redaksi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com