BPN Langkat Gelar Satgas GTRA Pertanahan


136 view
Internet
Rapat Kordinasi Reforma Agraria oleh Badan Pertanahan Nasional Langkat.
Langkat (SIB)
Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Langkat bersama Pemkab Langkat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kantor Pertanahan Kabupaten Langkat Tahun 2020 di Stabat, Selasa (24/11).

Bupati Langkat Terbit Rencana PA diwakili Plt.Asisten I Pemerintahan Basrah Pardomoan Siregar berharap melalui Rakor program GTRA bergerak secara cepat untuk membantu masyarakat melegalitaskan kepemilikan tanah, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Basrah mengingatkan, bahwa tujuan Reforma Agraria bagi masyarakat adalah meningkatkan ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi bagi masyarakat. Karenanya Pemkab Langkat, sebut Basrah mendukung penuh kegiatan GTRA ini.

Kabid Penataan Pertanahan Kanwil Provsu Ir Sarwin menjelaskan, Satgas GTRA dibentuk, upaya penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah melalui penataan aset disertai penataan akses secara legal, dalam mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Sedangkan, Kakan BPN Langkat menerangkan, lokasi pelaksanaan program ini sudah ditetapkan, yakni di Desa Padang Langkat dan Desa Pasiran yang berada di Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat. Saat telah dibentuk Bank Tanah di Desa yang dipilih oleh tim tersebut.

"Jadi, untuk tanah yang tidak di perdayakan lagi oleh masyarakat, akan di ambil negara sesuai undang-undang Agraria," terangnya.

Untuk rincian Desa Padang Langkat ada 276 persil dari 246 Kepala Keluarga dengan luas tanah seluas 3.941.497 M2. Sementara Desa Pasiran terdapat 103 Persil dari 95 Kepala Keluarga dengan luas tanahnya 1.918.851 M2. (M-24/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com