BPTD Wilayah II Sumut Ajukan Peraturan Larangan Truk Beroperasi Sabtu dan Minggu di Jalan Medan-Berastagi


281 view
BPTD Wilayah II Sumut Ajukan Peraturan Larangan Truk Beroperasi Sabtu dan Minggu di Jalan Medan-Berastagi
Foto Dok
Iin Indawati
Medan (SIB)
Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Provinsi Sumut, melalui Kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Iin Indawati SSos mengatakan, BPTD telah mengajukan permohonan Kemenhub RI tentang peraturan larangan truk melintas di hari libur, Sabtu dan Minggu di Jalan Medan-Berastagi dan sebaliknya.

“Memang selama ini sudah ada peraturan Gubernur Sumut (Pergub) tentang larangan truk melintas di hari libur, Sabtu dan Minggu di Jalan Pariwisata Medan-Berastagi serta sebaliknya. Tetapi karena jembatan timbang sudah diambil pusat pengelolaannya, maka Pergub akhirnya dicabut,” kata Iin Indawati kepada SIB, Senin (22/2).

Dijelaskan, secara umum sudah ada peraturan Kemenhub RI bahwa seluruh jalan khusus daerah wisata di Indonesia sudah ada larangan melintas truk di hari libur. Kecuali truk pembawa sembako, BBB dan pos. “Memang peraturan secara khusus Jalan Medan"Berastagi dari Kemenhub RI belum ada, tetapi BPTD Wilayah II sudah mengajukan peraturan larangan itu ke pusat. Mudah-mudahan segera turun, sehingga tidak ada lagi truk yang melintas di hari libur, Sabtu dan Minggu yang sering membuat jalan wisata Medan"Berastagi menjadi langganan macet,” ujarnya.

Lebih jauh Iin mengatakan, walaupun belum ada peraturan secara khusus untuk larangan truk melintas di hari libur, Sabtu dan Minggu, tetapi BPTD dan Dirlantas Polda Sumut selalu rutin melakukan penertiban di jembatan timbang di Sibolangit, Deliserdang.

Karena itu walaupun ada yang melintas truk di hari libur, mereka mengaku hanya menggeser truk ke gudang dan rumah, dan itu juga truk kosong. Sebab bila melintas membawa barang, truk wajib masuk jembatan timbang dan akan diberhentikan hingga pukul 20.00 WIB baru bisa berangkat.

Diakuinya, bila truk melintas di hari libur, pasti akan terjadi kemacetan panjang, karena banyak tempat-tempat wisata sepanjang Jalan Medan" Berastagi yang masuk keluar kendaraan pariwisata. “Satu kendaraan saja keluar dari tempat wisata, maka akan terjadi kemacetan panjang karena volume kendaraan umum di hari libur di daerah itu cukup banyak,” tutupnya. (M12/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com