Badan Rescue Partai NasDem Gelar Seminar Tampilkan Pembicara Ketua Tim Vaksinasi Covid-19

* dr Zuhrial Zubir: Seseorang yang Telah Divaksin Dapat Melindungi Orang-orang Disekitarnya

382 view
Badan Rescue Partai NasDem Gelar Seminar Tampilkan Pembicara Ketua Tim Vaksinasi Covid-19
Foto: Dok/Partai NasDem
SEMINAR: Badan Rescue DPW Partai NasDem Sumut foto bersama dengan nara sumber dan pengurus DPW Partai Nasdem Sumut, seusai menggelar  "Seminar Nasional Tentang Hukum Kesehatan dan Vaksin Covid-19", Sabtu (6/2) di Kantor DPW NasDem Sumut.
Medan (SIB)
Badan Rescue DPW Partai NasDem Sumut menggelar "Seminar Nasional Tentang Hukum Kesehatan dan Vaksin Covid-19" dengan menghadirkan pembicara Ketua Tim Vaksinasi Covid-19 RSUP H Adam Malik Medan yang juga Kepala Divisi Pulmonologi dan Alergi Imunologi dr Zuhrial Zubir SpPD-KAI, FINASIM.

Hal itu ditegaskan Wakil Ketua DPRD Sumut dari Partai Nasdem Rahmansyah Sibarani dan Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Sumut dr Tuahman F Purba kepada wartawan, Minggu (7/2) di Medan seusai menggelar acara seminar di Kantor DPW Partai NasDem Sumut.

Adapun tujuan digelarnya seminar ini, ujar Tuahman, agar semua pihak benar-benar memahami apa itu corona dan penyebarannya serta tidak lagi ragu terhadap program pemerintah melakukan vaksinasi terhadap seluruh masyarakat.

"Tidak perlu takut untuk divaksin, karena Pak Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani setelah disuntik vaksin merasa semakin kuat dan bersemangat," ujarnya.

Hadir dalam seminar tersebut, Ketua Badan Rescue Partai NasDem Sumut Anggiat Manurung, Ketua Panitia Lamboyus Harianja, nara sumber Rahmansyah Sibarani, Kepala Divisi Pulmonologi dan Alergi Imunologi Rumah Sakit Umum Pusat H Adam Malik Medan, dr Zuhrial Zubir SpPD-KAI, FINASIM.

Menurut Zuhrial Zubir, program vaksinasi yang digalakkan pemerintah merupakan satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang saat ini masih terus berlangsung, karena vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh, akan merangsang sel tubuh manusia dan bisa mencegah virus tidak masuk ke dalam tubuh.

"Vaksin itu manfaatnya memberikan kekebalan pada individu yang telah mendapatkan vaksin. Diharapkan akan menginduksi atau merangsang sel tubuh manusia terutama sel B untuk memproduksi imunoglobulin, sehingga individu memiliki kekebalan pada SARS-CoV-2," katanya

Jika ada SARS-CoV-2 masuk ke dalam tubuh, katanya, bisa ditanggulangi dengan kekebalan tubuh manusia. Kalau terinfeksi juga, tidak berat. Tujuannya adalah untuk membuat sistim kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit.

Menurut Zuhrial, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri. Namun, infeksi virus corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi, sehingga diperlukan cara membentuk sistem kekebalan tubuh melalui vaksinasi.

Jika seseorang yang sudah di vaksin, tertular Covid-19, lanjut Zuhrial, vaksin yang telah disuntikkan bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena Covid-19 semakin menurun.

"Vaksin juga mendorong terbentuknya herd immunity. Seseorang yang mendapatkan vaksin Covid-19 juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia, karena orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus corona sangatlah kecil," katanya. (M03/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com