Banyak Usulan Reses Tidak Direspon Pemko, Anggota DPRD Medan “Sentil” Dinas PU


309 view
Medan (SIB) -Ketua Fraksi Gerindra DPRD  Medan Surianto SH alias Butong, "menyentil" Dinas Pekerjaan Umum (PU)  Medan, karena tidak terakomodirnya usulan anggota dewan soal jalan dan drainase. Dia mengaku kecewa terhadap SKPD tersebut, karena sudah beberapa kali diajukan tapi Dinas PU tidak pernah menggubris.

"Padahal, untuk infrastruktur jalan dan drainase telah dianggarkan  Rp1 triliun lebih di APBD 2017. Tapi dalam pelaksanaannya, banyak yang tidak dikerjakan, terutama di kawasan Medan Utara," sebut Surianto ketika melaksanakan Reses III anggota DPRD Kota Medan tahun 2017  baru-baru ini, di Jalan Danau Siombak, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan.

Diakuinya, bahwa Pemko memilah-milah hasil reses 50 anggota dewan, mana yang jadi prioritas atau tidak. Tapi, bagi anggota dewan sendiri, semua hasil reses sangat penting dimasukkan dalam laporan dengan harapan dapat direspon, sehingga keluhan masyarakat dapat diatasi. Banyak hasil Reses tidak pernah direalisasi oleh Pemko Medan melalui SKPD terkait. Padahal, setiap reses, hasilnya dilaporkan ke Pemko melalui sekretariat dewan untuk dijadikan bahan penyusunan program pembangunan.

"Akibatnya kami  jadi "jelek" di mata masyarakat. Karena dinilai keluhan yang  mereka sampaikan kepada dewan lewat reses tapi tidak ada hasil. Masyarakat mana mau tahu ada infrastruktur  wewenang Pemprov, Pemko atau pemerintahan pusat. Kalau tidak terealisasi masyarakat bilang kalau dewannya itu banyak cakap, padahal kami bukan pengambil  keputusan," jelasnya.

Butong mengakui, anggota dewan jadi bingung, setiap kali reses masyarakat selalu mempertanyakan permasalahan yang pernah ditanyakan pada reses I dan II. "Lalu, untuk `apa kita Reses dan menampung aspirasi masyarakat kalau memang tidak ada realisasinya? Kita yang bingung bilang apa ke masyarakat yang meminta program perbaikan," tegasnya.

Pada resesnya yang ke 3 itu,  sejumlah masyarakat yang berdomisili di Kelurahan Rengas Pulau dan Kelurahan Paya Pasir mengeluhkan buruknya drainase dan infrastruktur jalan di kawasan tersebut. "Sudah bertahun-tahun lingkungan kami jalannya rusak dan drainasenya tidak berfungsi, sehingga pada saat hujan daerah kami sering banjir," ujar Rosma warga lingkungan 6 Kelurahan Rengas Pulau. (A10/f)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com