Baru Selesai Dikerjakan, Aspal Hotmix Sudah Terbongkar di Besitang Langkat


173 view
Foto SIB/Lesman Simamora
RUSAK: Aspal jalan hotmix berbiaya Rp 1 miliar lebih dengan sumber dana APBD Langkat T.A 2020, kini sudah mengalami kerusakan, tepatnya di Dusun 13 Desa Halaban Kecamatan Besitang Langkat, foto direkam, Rabu (20/1).
Besitang (SIB)
Baru satu bulan selesai dikerjakan, kini aspal hotmix sudah rusak di beberapa titik ruas jalan, tepatnya di Dusun 13 Sidorejo Desa Halaban Kecamatan Besitang, Langkat.

Permukaan aspal menggelembung, retak-retak bahkan sudah ada yang terkelupas, sesuai pantauan SIB, Rabu (20/1) di lapangan.

Pengaspalan jalan yang diperkirakan sepanjang 700 meter berbiaya Rp 1 miliar lebih dengan sumber dana APBD Langkat T.A 2020 itu, kini terdapat sekira 15 titik ruas jalan aspal yang retak-retak.

Pengaspalan belum seumur jangung, tapi permukaan aspal sudah ada yang terbongkar, hal ini patut diduga proyek itu dikerjakan tidak sesuai spesifikasi teknis.

Kerusakan infrastruktur jalan yang dibangun di kawasan sentra pertanian pedesaan itu terjadi ditengarai karena permukaan aspal tidak kuat menahan beban kenderaan yang melintasi jalan tersebut.

Salah seorang warga di sekitar lokasi proyek, Abdul Latif (35), yang ditemui SIB, mengaku kecewa melihat kondisi aspal hotmix yang baru selesai dikerjakan kontraktor.

Hanya dalam waktu relatif singkat, aspal hotmix rusak, itu mengindasikan adanya yang tidak beres dalam proses pengerjaannya, ujar pria berdarah Melayu itu.

"Kue pembangunan yang seharusnya dinikmati masyarakat sesuai yang direncanakan, tapi kenyataannya di lapangan tidak seperti itu," terangnya.

Bukan tidak mungkin, lanjutnya, aspal hotmix rusak, karena mutunya rendah termasuk minimnya pengawasan pihak terkait sehingga proyek dikerjakan, "cacat mutu," kata Latif.

Terkait proyek aspal hotmix rusak, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Langkat, Subiyanto yang coba dikonfirmasi SIB, Rabu (20/1), melalui pesan WhatsApp-nya, tidak merespon.

Beberapa kali dihubungi lewat panggilan WhatsApp-nya, termasuk melampirkan foto-foto aspal hotmix yang rusak, lagi-lagi yang bersangkutan tidak menjawab. (M25/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com