Baskami Minta Pemprov Sumut, Pemko dan BWSS II Kolaborasi Atasi Banjir di Medan


438 view
Baskami Minta Pemprov Sumut, Pemko dan BWSS II Kolaborasi Atasi Banjir di Medan
Foto: Dok/Firdaus
Drs Baskami Ginting 

Medan (harianSIB.com)

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting menegaskan, Pemprov Sumut, Pemko Medan dan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II harus berkolaborasi untuk mengatasi banjir di Kota Medan.

Sebab, jika hanya mengandalkan Pemko Medan tidak akan mampu, terutama terkait soal anggaran yang cukup besar.

"Permasalahan banjir di Medan bukan baru kali ini terjadi, tapi sudah berlangsung lama. Asal hujan turun deras, baik di hulu sungai (kawasan dataran tinggi Karo) maupun daerah lainnya, tetap imbas banjirnya Kota Medan," ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Sabtu (19/11/2022), di Medan.

Di era kepemimpinan Wali Kota Medan sebelumnya juga, kata Baskami, banjir kerap terjadi. Sehingga lembaga legislatif saat itu sudah mengusulkan kepada Pemprov Sumut, Pemko Medan dan BWSS II mewakili pemerintah pusat, segera bekerjasama menormalisasi 3 sungai yang memiliki andil besar penyumbang utama banjir Kota Medan.

"Kita tahu 3 sungai besar yang membelah Kota Medan, seperti Sungai Babura, Sungai Deli dan Sungai Belawan telah terjadi pendangkalan, sehingga tidak lagi mampu menampung tumpahan air hujan maupun sungai-sungai kecil serta air drainase yang bermuara ke tiga sungai tersebut, sehingga terjadi luapan dan meluber menggenangi pemukiman penduduk," katanya.

Selain itu, ujar politisi PDI Perjuangan Sumut ini, drainase juga banyak yang tersumbat dan tidak lagi mampu mengalirkan air hujan dari pemukiman penduduk, sehingga terjadi penumpukan air dan banjir tidak lagi terelakkan di sebagian besar titik di kota ini.

"Di sinilah perlunya kolaborasi Pemprov Sumut, Pemko Medan dan BWSS II melakukan normalisasi atau mengeruk tiga sungai besar yang membelah Kota Medan tersebut, tentunya membutuhkan anggaran yang cukup besar dan kalau hanya mengandalkan anggaran Pemko Medan, tidak akan mencukupi," kata Baskami.

Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com