Pasca Virus ASF Serang Ternak B2

Bornok Simanjuntak Dorong Kelompok Peternak Manfaatkan Bantuan KUR


82 view
via tagpad.info
Kredit Usaha Rakyat 
Sergai (SIB)
Pimpinan Yayasan Yesaya 56 Sumut, Bornok Simanjuntak berharap kelompok peternak B2 (babi) memanfaatkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sebab pasca virus African Swine Fever (ASF) mematikan ternak B2 di sejumlah tempat di Sumut, banyak peternak yang gulung tikar dan tutup.

Hal itu disampaikan Bornok Simanjuntak dalam pertemuan penyuluhan tentang pengembangan peternakan B2 masyarakat, pasca penyakit ASF di Sumut, Sabtu (10/4) di Desa Binje Kecamatan Syahbandar, Sergei.

"Para kelompok ternak mendukung program pemerintah, namun disertai realisasi yang proporsional, yakni kredit usaha rakyat yang ada. Maka kami berupaya harapan kelompok peternak dapat terealisasi dengan syarat dan ketentuan yang ada," papar Bornok kepada wartawan.

Dia berharap agar pemerintah dalam hal ini DKPP Provinsi Sumut dan pihak perbankan dapat mengakomodir proposal pengembangan ternak B2 yang memiliki standarisasi kandang dan manajemen peternak yang baik.

Dalam pertemuan itu hadir sejumlah narasumber di antaranya Anggota DPRD Sumut dr Timbul Sinaga SE MSA, Kepala Badan Veterian Medan drh H Agustia MP, Camat Syahbandar Jamsur Sijabat, Staf Peternakan Serdang Bedagai Ekatisem M Purba, Dinas Ketahanan Pangan Ramot Lumbantobing, Kadus Daslon Pardede dan sejumlah perwakilan masyarakat serta kelompok peternak.

Timbul Sinaga mendukung sepenuhnya program itu dengan berjanji akan membawa usulan kelompok peternak langsung ke Menteri Pertanian RI di Jakarta."Saya akan membawa data kelompok ternak ini langsung ke Menteri Pertanian di Jakarta, karena ini harus kita kembangkan untuk program jangka panjang," jelas Timbul kepada masyarakat dan kelompok ternak.

Timbul juga menjelaskan tentang program pemerintah dalam memberikan fasilitas KUR. "Gunakanlah KUR untuk usaha, karena pemerintah sudah memberikan fasilitas kredit yang sangat ringan membantu agar usaha keluarga bisa berkembang," tutupnya. (rel/A13/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:Peternak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com