Bupati Deliserdang Ajak Warga Jaga dan Lestarikan Pesisir Laut


142 view
Foto dok/Kominfo
TANAM: Bupati Deliserdang Ashari Tambunan bersama Danlantamal I Belawan, Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso, Kapolresta Kombes Yemi Mandagi dan lainnya tanam pohon mangrove pada puncak Dawilhanla di Pantailabu, Rabu (18/11).
Pantailabu (SIB)
Bupati Deliserdang, H Ashari Tambunan menilai bahwa kawasan pesisir laut sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa jika dikelola dengan baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Namun kondisi di pesisir masih berbanding terbalik dengan yang diharapkan. Hal ini dikarenakan masih ditemukan sebagian kawasan pesisir belum tertata dan terkelola dengan baik, bahkan ironisnya tercemar dan rusak," kata Ashari dalam sambutan di hari puncak Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) Pesisir Tahun 2020 dengan kegiatan Pencanangan Kampung Bahari Nusantara di Desa Regemuk, Kecamatan Pantailabu, Rabu (18/11).

Menurutnya, kerusakan dan pencemaran berdampak pada menurunnya sumber daya pesisir dan laut, baik kualitas maupun kuantitas. Oleh karenanya, Kampung Bahari Nusantara dicanangkan untuk mengedukasi sekaligus menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga, sekaligus melestarikan sumber daya pesisir.

"Dengan adanya kesadaran masyarakat, maka diharapkan dapat mengubah kondisi pesisir menjadi lebih bersih dan indah," harap Ashari.

Ashari atas nama Pemkab dan masyarakat Kecamatan Pantailabu mengapresiasi Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL), Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) I Belawan, Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso.

Sementara itu, I Made Wahyu Santoso dalam pidatonya mengatakan, kegiatan itu merupakan implementasi dari pelaksanaan tugas TNI. Dikatakan, Lantamal 1 Belawan akan terus berupaya membangun kerjasama yang baik dan harmonis dengan seluruh elemen, baik pemerintah daerah maupun masyarakat.

Gunanya, kata dia, untuk menanamkan nilai kebangsaan serta memperhatikan peningkatan sumber daya manusia, sumber daya alam dengan melaksanakan program penyuluhan peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

Kegiatan itu dirangkai dengan pencanangan Desa Rugemuk sebagai Kampung Bahari Nusantara Lantamal I, bersih pantai, apel komponen cadangan dan pendukung, penanaman pohon mangrove, pemberian sembako serta penyuluhan.

Turut hadir pada acara itu Paban III Mabes TNI AL Kolonel (Mar) Suharyadi, Ass SPOTMAR Kolonel TNI (Mar) Sunar, Danyon Marhanlan Letkol TNI (Mar) Erikc, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi, Kadis Porabudpar Khoirum Rijal, Kadis PUPR Heriansyah Siregar, Kadis Perkim Herry Lubis, Kadis Kesehatan dr Ade Budi Krista, Kadis Kelautan dan Perikanan Syarifah Alawiyah, Kabag Tupim M Ary Mulyawan Simatupang serta Camat Rahmat Azhar Siregar.(T05/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com