Satu-satunya Daerah dari Sumut

Bupati Deliserdang Terima Penghargaan Tertinggi TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Menpan RB


405 view
Bupati Deliserdang Terima Penghargaan Tertinggi TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Menpan RB
Foto dok/Kominfo
PENGHARGAAN: Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan menerima penghargaan tertinggi TOP 45 inovasi pelayanan publik dari Menpan RB, Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu (25/11).

Lubukpakam (SIB)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang lagi-lagi memeroleh penghargaan dari pemerintah pusat. Penghargaan tertinggi “TOP 45” inovasi pelayanan publik turut diraih dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yakni inovasi DESA SATU (Deli Serdang Sekolah Bermutu).

Penghargaan nasional bergengsi tersebut diterima Bupati Deliserdang, H Ashari Tambunan dari Menpan RB, Tjahjo Kumolo disaksikan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan Menkumham Yasonna Laoly serta pejabat kementerian lainnya di Gedung Tribrata, Jakarta, Rabu (25/11).

Kadis Pendidikan Deli-serdang, H Timur Tumanggor bersama Kabag TU Pimpinan, Ari Mulyawan saat dihubungi melalui telepon seluler menyebut, penganugerahan Apresiasi Top 45 DESA SATU yang diperoleh melalui kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2020 yang disebut “Top 45” merupakan ajang tertinggi dari pemerintah. Dalam hal ini Kementerian PAN-RB atas pengakuan praktek inovasi dari jenis atau beberapa jenis pelayanan yang dilakukan di setiap Kementerian/Lembaga atau Pemerintah Daerah.

Menurut Tumanggor, Kabupaten Deliserdang merupakan satu-satunya daerah di Sumatera Utara yang ikut kompetisi inovasi pelayanan publik (KIPP) dengan meraih penghargaan TOP 45 di tahun 2020. Salah satu program yang terpilih mengikuti kompetisi inovasi pelayanan publik itu merupakan program Bidang Pendidikan yang ada di Deliserdang.

Program tersebut diutarakan Tumanggor, merupakan kolaborasi atau gabungan dari tiga inovasi-inovasi yang dilakukan Pemkab Deliserdang melalui Dinas Pendidikan. Pertama konsep CERDAS (Percepatan Rehabilitasi dan Apresiasi Terhadap Sekolah ) yang dimulai pada tahun 2005 dan pernah mendapatkan penghargaan "TOP 99" dari Kemenpan-RB pada tahun 2016.

Selanjutnya Konsep OPUNG SARI BASAH BANG (Operasi Pungut Sampah Setiap Hari, Bank Sampah Sekolah dan Pembinaan Berjenjang) dimulai pada tahun 2014. Dan pernah mendapatkan penghargaan TOP 99 dari Kemenpan RB tahun 2017. Selanjutnya konsep MeSRA BerTUAH (Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bersama Orang Tua, Masyarakat dan Sekolah) pada tahun 2016.

"Jadi ketiga konsep inovasi di Bidang Pendidikan ini didukung juga oleh dinas-dinas lainnya. Kami berbesar hati bahwa ketiga konsep ini yaitu CERDAS, OPUNG SARI BASAH BANG dan MeSRA BerTUAH telah mendapatkan penghargaan dan telah diakui dari pemerintah pusat," terang Timur Tumanggor.

Pada kesempatan itu dijelaskan Ari Mulyawan bahwa Bupati Deliserdang sangat gembira menerima penghargaan bergengsi tersebut. Bupati disebut menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam program DESA SATU.

"Bapak bilang tadi penghargaan itu bukan tujuan akhir inovasi, namun paling penting kerja keras kita sudah diakui oleh pemerintah pusat. Semoga kerja keras dan penghargaan ini sebagai penyemangat dan mampu memajukan Deliserdang. Terutama di bidang pendidikan sesuai dengan visi misi Deliserdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya religius dan rukun dalam kebhinekaan," terang Ari Mulyawan.(T05/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com