Cegah Banjir dan Longsor, Menteri PUPR Tanam Bibit Durian dan Duku di Bendungan Lau Simeme


791 view
Cegah Banjir dan Longsor, Menteri PUPR Tanam  Bibit Durian dan Duku di Bendungan Lau Simeme
Foto dok/Dhani
TANAM: Mewakili Bupati Deliserdang, Asisten Ekbang Putra J Manalu bersama Kadis LH Artini S Marpaung tanam bibit pohon bersama Kasatker PUPR Bendungan Lau Simeme, Marwansyah dan Camat Birubiru Dhani Mulyawan, Sabtu (5/12).

Deliserdang (SIB)

Untuk mencegah banjir dan longsor, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melakukan penanaman bibit pohon di sejumlah daerah yang ada proyek Strategis Nasional.

Salah satunya Menteri melakukan penanaman bibit pohon duku dan durian secara virtual dari bendungan Gondang Kerjo Karanganyar dan diikuti di Bendungan Lau Simeme, Kecamatan Birubiru yang dihadiri Kasatker BBWS Wilayah 2 Sumatera Marwansyah, Asisten Ekbang Deliserdang Putra J Manalu, Kadis LH Artini S Marpaung, Camat Birubiru Dhani Mulyawan dan Muspika lainnya, Sabtu (5/12).

Marwansyah dalam sambutannya mengatakan, untuk mencegah banjir dan longsor, bibit pohon yang ditanam nantinya juga akan menghasilkan buah khas daerah yang dapat dikelola masyarakat untuk menambah peningkatan prekonomian.

"Kita tanam 450 batang pohon di Green Belt proyek Bendungan Lau Simeme. Bibitnya merupakan pohon durian musangking dan pohon duku yang disesuaikan dengan daerah penghasil buah setempat," katanya.

Dijelaskan, kegiatan itu sekaligus memperingati Hari Bakti ke-75 PUPR yang jatuh pada 3 Desember lalu. Sedangkan pusat kegiatan peananaman pohon dilaksanakan Kementerian PUPR di bendungan Gondang Kerjo, Karanganyar. Lalu diikuti sejumlah daerah yang ada pengerjaan Proyek Strategis.

Sementara mewakili Bupati Deliserdang, Putra J Manalu menyampaikan terimakasih kepada Kementerian PUPR. Sebab dari sekian banyak daerah yang mendapat pengerjaan proyek strategis, Kabupaten Deliserdang merupakan salah satunya.

"Mudah-mudahan Bendungan Lau Simeme ini sangat berguna bagi masyarakat di Sumatera Utara, secara khusus dapat mendongkrak perekonomian warga di Kecamatan Birubiru.

Khususnya untuk penanaman pohon, Pemkab Deliserdang menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR karena telah mengingatkan semua pihak tujuannya yaitu mulia untuk mencegah banjir dan longsor," terang Manalu.(T05/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com