Cegah Covid-19, Dinas PMPTSP Medan Masih Terapkan Perizinan Online


245 view
Foto: Dok/Pribadi
Ahmad Basyaruddin
Medan (SIB)
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Medan sejak pandemi Covid-19 menghentikan pelayanan perizinan dan non perizinan tatap muka dan menerapkan sistem pelayanan online.

"Seluruh pelayanan perizinan/non perizinan tatap muka di Kantor DPMPTSP Medan sudah ditiadakan sejak 1 April 2020 untuk mencegah penyebaran Covid-19," kata Kepala Dinas PMPTSP Medan, Ahmad Basyaruddin kepada wartawan, Selasa (16/12/20), di kantornya.

Basyaruddin mengatakan penerapan pelayanan perizinan online untuk mencegah terjadinya kerumunan orang yang melakukan pengurusan perizinan. Pelaku usaha yang ingin menyampaikan dokumen permohonan, legalisir izin dan lainnya yang sifatnya manual, dilakukan dengan mengirimkan via pos/jasa pengiriman ke Kantor Dinas PMPTSP Medan.

"Setiap berkas permohonan izin/non izin yang masuk, disimpan di lemari (disterilkan) selama 30 menit, kemudian disemprot cairan disinfektan," kata Basyaruddin.

Sedangkan jenis perizinan/non perizinan yang diproses melalui Aplikasi SiCantik Cloud, lanjutnya, dilakukan secara online, dengan laman https://sicantikui.layanan.go.id.

"Aplikasi ini di antaranya untuk Izin Kerja Tenaga Kesehatan (SIK), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan lzin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK)," kata Basyaruddin.

Ia menambahkan untuk membayar pajak dan pengambilan surat izin yang telah siap, pelaku usaha datang langsung ke Kantor Dinas PMPTSP dengan penerapan protokol kesehatan yakni 3M.

"Di pintu masuk kantor telah disediakan dua wadah untuk mencuci tangan memakai sabun dan alat pengukur suhu tubuh (thermo gun), serta hand sanitizer. Kemudian di ruang tunggu disediakan tempat duduk dengan mengatur jarak," kata Basyaruddin.

Selain menunda pengurusan izin tatap muka, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Dinas PMPTSP setiap Hari Jumat.

"Kami juga olah raga setiap Hari Sabtu, bersepeda atau hiking. Tapi kami tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Basyaruddin.
Hasilnya, tambah Basyaruddin, hinggga saat ini belum ada pegawai Dinas PMPTSP Medan yang terpapar Covid-19. (R17/rel/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com