Cegah Penyelundupan Jelang Ramadan, Kasal : Tingkatkan Penjagaan Keamanan Laut


137 view
(Foto : Dispen Lantamal IV)
Ilustrasi patroli laut KRI Torani 860 dan KRI Lepu 861. 
Belawan (SIB)
Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono SE MM menekankan seluruh jajaran TNI AL tetap waspada dengan meningkatkan patroli rutin/ penjagaan keamanan pada wilayah kerjanya masing-masing atau kawasan perairan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, untuk mengantisipasi berbagai tindak kejahatan maupun pelanggaran di laut di antaranya penyelundupan berbagai jenis barang menjelang Ramadan tahun ini.

Hal tersebut dikatakan, Kasal, melalui siaran persnya yang diterima wartawan dari pihak Dispen Lantamal I di Belawan, Kamis siang (8/4) terkait dengan digagalkannya dugaan penyelundupan, seorang balita perempuan, dan 36 orang pekerja migran Indonesia (PMI) asal Sumatera Utara ke luar negeri dengan menggunakan kapal motor tanpa nama yang sedang berada di kawasan Muara Sungai Asahan.

Para penumpang kapal motor yang telah diamankan oleh pihak TNI AL di Tanjung Balai Asahan tersebut, disinyalir akan diperkerjakan secara ilegal di Malaysia.

Lebih lanjut disebutkan, menjelang bulan puasa serta beberapa pekan menjelang perayaan hari besar keagamaan maupun pada akhir tahun kerap terjadi pelanggaran, di antaranya upaya penyelundupan barang keluar negeri maupun masuk ke Indonesia melalui jalur tertentu yang dilakukan oknum atau pihak tertentu.

Sementara itu, Danlantamal I, Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso, terkait proses pemeriksaan terhadap tindak pelanggaran, seperti upaya penyelundupan pekerja ilegal, agar dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus penyebaran virus Covid-19 yang hingga saat ini belum tuntas. (A9/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com