DMDI Anugerahkan Gelar Temenggong Tun Hasan kepada Plt Bupati Langkat


150 view
DMDI Anugerahkan Gelar Temenggong Tun Hasan kepada Plt Bupati Langkat
(Foto: SIB/Dok DMDI Langkat)
TERIMA GELAR: Plt Bupati Langkat Syah Afandin (tiga dari kiri) menerima anugerah gelar Temenggong Tun Hasan dari Presiden DMDI Tuan Yang Terutama TUN SERI SETIA Dr H Muhammad Ali Rustam Yang Dipertua Agung Negeri Malaka di Rumah Dinas Bupati Langkat, Senin (20/11). 
Langkat (SIB)
Plt Bupati Langkat Syah Afandin menerima penganugerahan gelar Temenggong Tun Hasan dari Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), karena dianggap berperan aktif menjaga silaturahmi antar suku Melayu Islam di seluruh dunia, khususnya di Kabupaten Langkat.
Gelar tersebut diberikan Presiden DMDI Tuan Yang Terutama TUN SERI SETIA Dr H Muhammad Ali Rustam Yang Dipertua Agung Negeri Malaka dalam kegiatan penganugerahan yang dirangkai dengan Pengukuhan Pengurus DMDI Kabupaten Langkat di Rumah Dinas Bupati Langkat, Senin (20/11).
Presiden DMDI Tuan Yang Terutama TUN SERI SETIA Dr H Muhammad Ali Rustam Yang Dipertua Agung Negeri Malaka mengatakan, Syah Afandin yang mewarisi sikap alm Syamsul Arifin dinilai berhasil turut serta menjaga silaturahmi Melayu Islam di seluruh dunia, khususnya di Kabupaten Langkat.
Melalui penganugerahan gelar dirangkai dengan pengukuhan tersebut, diharapkan hubungan dan komunikasi Melayu Islam akan semakin erat, semakin dikenalinya sejarah dan asal usul Melayu Islam, serta semakin meningkatkan status sosial, ekonomi, pendidikan suku Melayu Islam.
"Mari tingkatkan kehidupan kita, agar dapat mendukung kebaikan kemanusiaan dengan keberadaan umat Melayu Islam di seluruh dunia," ujarnya.
Sementara, Ketua Umum DMDI Indonesia Datuk H Said Al Idrus menyebutkan, gelar Temenggong Tun Hasan itu bukan hanya sekadar anugerah, tapi karena Syah Afandin dikenal sangat menyayangi masyarakat Melayu Islam di Kabupaten Langkat. Diakui, pemberian gelar itu merupakan hasil dari pertemuan konfrensi Melayu Islam di Pnomphen, Kamboja beberapa waktu lalu.
"Penyerahan gelar Temenggong Tun Hasan (Orang yang Dipercaya) juga merupakan anugerah, terkhusus kepada masyarakat Langkat karena pemimpinnnya menjadi orang yang dipercaya," katanya.
Syah Afandin yang akrab dipanggil dengan sebutan Ondim itu mengaku bangga dan berterimakasih atas penganugerahan gelar itu.
Meski mengaku tak mudah untuk menjalankan kepercayaan sesuai dengan gelar yang diterima, Ondim mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan.
Ondim juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung Pemilu yang akan datang, sehingga pesta demokrasi Indonesia itu dapat berjalan sukses dan tidak terjadi kekacauan.
Selain penganugerahan gelar serta pengukuhan pengurus DMDI Langkat, acara itu juga diisi dengan MoU Kajian Ilmiah untuk Kota Kembar Langkat dan Melaka, Penandatangan Prasasti Tanjak sebagai Ikon Kabupaten Langkat yang terletak di Kota Stabat, serta penyerahan beasiswa pendidikan di Perguruan Tinggi yang diterima secara simbolis oleh 5 perwakilan mahasiswa.
Turut hadir dalam kegiatan itu, Konsulat Jenderal Malaysia di Medan, Ketua DMDI sejumlah provinsi di Indonesia antara lain Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera Selatan. (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com