DPD Aspatan Sumut Ingatkan Gubernur Antisipasi Ancaman Krisis Pangan


430 view
DPD Aspatan Sumut Ingatkan Gubernur Antisipasi Ancaman Krisis Pangan
Foto: Ist/harianSIB.com
Toni Togatorop SE MM.

Medan (harianSIB.com)


Ketua DPD Assosiasi Petani dan Pedagang (Aspatan) Sumut Toni Togatorop SE MM mengingatkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan melanda daerah ini, dengan memperkuat sektor pertanian berbasis teknologi.


Hal itu diungkapkan Toni Togatorop kepada wartawan, Kamis (21/7/2022) di Medan menanggapi pertemuan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dengan pakar pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) Tualar Simarmata di Jakarta membahas soal ancaman krisis pangan di Indonesia.


Dalam pertemuan tersebut Tualar Simarmata yang juga Guru Besar Fakultas Pertanian UNPAD memperkenalkan inovasi Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Teknologi (IPAT BO) yang merupakan inovasi teknologi produksi padi terpadu atau melalui restorasi kesuburan lahan sawah dengan menggunakan teknik tanam kembar atau juga dikenal dengan teknik jejer manten.


Dengan pemanfaatan teknologi itu, lanjut Simarmata, akan mengurangi penggunaan bibit, menghemat penggunaan air, dan memanfaatkan pupuk berbasis organik, yaitu menggunakan kompos jerami sebagai sumber nutrisi mikroba tanah.


"Di Sumut juga sangat penting diterapkan berbagai terobosan dan inovasi di sektor teknologi pertanian, sehingga dapat mengoptimalisasikan hasil produksi pertanian. Terlebih, dalam menghadapi ancaman krisis pangan serta mewujudkan ketahanan maupun kemandirian pangan," tegas Toni.

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com