DPRD Deliserdang Setujui R-APBD TA 2021, Pendapatan Rp3,9 T dan Belanja Rp4 T


81 view
Foto: Dok/Kominfo
TANDATANGAN: Bupati Ashari Tambunan menandatangani persetujuan bersama RAPBD 2021 disaksikan Wabup MA Yusuf Siregar, Wakil Ketua DPRD Amit Damanik, T Akhmad Tala'a dan Nusantara T Silangit pada rapat paripurna di Lubukpakam, Jumat (20/11).
Lubukpakam (SIB)
DPRD Deliserdang menyetujui Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Pemkab tahun anggaran (TA) 2021 melalui rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua Amit Damanik, T Akhmad Tala'a, Nusantara T Silangit serta dihadiri Bupati Ashari Tambunan dan Wabup MA Yusuf Siregar di Gedung Dewan Lubukpakam, Jumat (20/11).

Juru Bicara Badan Anggaran (Banggar), Misnan Aljawi pada kesempatan itu berpendapat bahwa R APBD tahun 2021 itu dijalankan dengan menitikberatkan pada kemampuan untuk pencapaian pendapatan dan belanja daerah secara benar. Mengingat berbagai peningkatkan pendapatan dan belanja daerah dalam APBD TA 2021 ini merupakan upaya transisi situasi pandemi Covid-19 menuju pemulihan ekonomi.

Banggar beserta anggota DPRD lainnya memberikan apresiasi atas upaya bersama-sama secara bahu-membahu melewati masa sulit bencana pandemi Covid-19. Memang disebutnya, belum tersaji data-data penurunan drastis ekonomi daerah. Namun, dengan terjadi gejolak akibat pandemi Covid-19 harusnya semua pihak bersyukur karena dapat terhindar dari situasi yang lebih buruk.

Ashari Tambunan pada sidang paripurna itu menyampaikan terimakasih atas nama Pemkab Deliserdang kepada DPRD Deliserdang yang telah bersama-sama menyetujui Ranperda APBD TA 2021. Walau mungkin dalam pembahasan menyita pikiran, namun semua itu merupakan suatu proses demokrasi yang harus dilalui sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Dijelaskan, sesuai kesepakatan bersama maka pendapatan daerah di APBD 2021 sebesar Rp 3.999.683.296.443. Terdiri dari komponen Pendapatan Asli Daerah (PAD), pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

Sementara untuk belanja daerah disepakati sebesar Rp 4.026.683.296.443. terdiri dari belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga dan belanja transfer.

Untuk penerimaan pembiayaan daerah sebesar Rp 45.000.000.000, sedangkan pengeluaran pembiayaan daerah sebesar Rp 18.000.000.000. Sehingga pembiayaan netto sebesar Rp 27.000.000.000.

Menurut dia, Pemkab akan melakukan berbagai upaya dalam pengelolaan APBD 2021 yang berorientasi pada hasil dan tepat sasaran, serta menjadi evaluasi dalam melaksanakan pembangunan dan melakukan berbagai inovasi pembangunan. Semuanya itu untuk mewujudkan Kabupaten Deliserdang yang lebih maju, mandiri dan sejahtera. (T05/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com