DPRD Diharapkan Susun Ranperda Mengatur Standar Sarana Pendidikan di Kota Binjai


271 view
Binjai (SIB) -DPRD Kota Binjai, diharapkan menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif susulan, tentang Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan di Kota Binjai. Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Binjai Dasril Suar, menyikapi sosialisasi Ranperda Inisiatif DPRD Kota Binjai, tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan di Kota Binjai, yang berlangsung di Aula Lantai II Gedung Balai Kota Binjai, 29 September 2016.

"Kami sambut baik inisiatif DPRD Kota Binjai. Sebab Ranperda ini sangat mendukung kemajuan pendidikan di Kota Binjai," terangnya, didampingi Wakil Ketua BMPS Kota Binjai Jairi Tavip, Sekretaris Romilie Dian Prasetio,  Bendahara, H Prabowo, anggota, Samsul Bahri dan para anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Kantor BMPS Kota Binjai, Sabtu (1/10).

Meskipun demikian, sambung Dasril Suar, pihaknya masih tetap menunggu inisiatif DPRD Kota Binjai, terutama  menyusun Ranperda susulan, yang khusus mengatur tentang standar sarana dan prasarana pendidikan di Kota Binjai.

"Kalau Ranperda Inisiatif yang disosialisasikan kemarin itu, hanya sebatas mengatur pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan. Maka setelah ini kami berharap, ada Ranperda Inisiatif susulan tentang standar sarana dan prasarana pendidikan," serunya.

Sebagai contoh, Kota Binjai idealnya telah menetapkan aturan baku mengenai standar jumlah siswa dengan kebutuhan luas ruang belajar sesuai Peraturan Menteri Pendidikan RI Nomor: 24 Tahun 2007. "Misalnya, ukuran ruang belajar dengan luas dua meter persegi, digunakan hanya untuk satu siswa. Atau bisa juga dibuat aturan mengenai berapa standar luas ruang belajar yang ideal untuk 20 siswa," jelasnya.

Selain itu menurutnya perlu pula DPRD Kota Binjai merancang aturan baku tentang standarisasi jumlah tenaga pengajar, semisal 20 siswa per ruang belajar ditangani satu tenaga pengajar atau lebih.

"Selain bisa mengoptimalkan proses belajar-mengajar, aturan seperti ini juga efektif menjamin pemerataan mutu pendidikan di Kota Binjai. Bahkan kami pun siap mengawal aturan ini, hingga disahkan menjadi Perda," ucap Dasril Suar. (A31/c)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com