DPRD Gelar Paripurna Pengumuman Usulan, Pengangkatan dan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Sergai


301 view
DPRD Gelar Paripurna Pengumuman Usulan, Pengangkatan dan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Sergai
Foto Dok/Setwan DPRD Sergai
SERAHKAN: Ketua DPRD Sergai, M Riski Ramadhan Hasibuan menyerahkan berita acara kepada Bupati dan Wakil Bupati Sergai terpilih periode 2021-2024, H Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan dalam rapat paripurna DPRD, Selasa (26/1).
Sergai (SIB)
DPRD Kabupaten Serdang-bedagai (Sergai) menggelar rapat paripurna dengan agenda pengumuman usulan, pengangkatan dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sergai, di Ruang Paripurna Gedung DPRD Sergai di Seirampah, Selasa (26/1) sore.

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Sergai, M Riski Ramadhan Hasibuan didampingi para wakil ketua serta dihadiri para anggota DPRD, Bupati dan Wakil Bupati Sergai terpilih periode 2021-2024, H Darma Wijaya dan H Adlin Umar Yusri Tambunan, unsur Forkompinda Plus, Sekdakab HM Faisal Hasrimy dan Ketua Bawaslu Agusli Matondang. Sedangkan Bupati Sergai, H Soekirman dan sejumlah anggota DPRD lainnya mengikuti rapat paripurna secara virtual.

M Riski Ramadhan Hasibuan menyampaikan, paripurna sesuai dengan surat Gubernur Sumatera Utara nomor 130/289 tanggal 19 Januari 2021. Serta berdasarkan hasil sidang pleno KPU Sergai nomor 44/PK 01-BA/1218/KPU-Kab/I/2021. Keputusan KPU Sergai nomor 43/PL.02, 7-Kpt/1218/KPU-Kab/I/2021 tanggal 21 Januari 2021. Surat Pencitraan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia nomor 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 Januari 2021 Prihal keterangan perkara PHP-Gub/Kab/Kot tahun 2021 yang diregistrasi di Mahkamah Konstitusi beserta lampirannya pada tanggal 20 Januari 2021.

"Kemudian, surat KPU Sergai nomor 026/PL.02.2- SD/1218/KPU-SB/2021 tentang penyampaian dokumen-dokumen penetapan pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serdang-bedagai tahun 2020," papar Riski Ramadhan Hasibuan.

Sementara itu, Bupati Sergai terpilih periode 2021-2024, H Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati Sergai terpilih, H Adlin Umar Yusri Tambunan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan masyarakat Kabupaten Sergai kepada mereka berdua. "Semoga kepercayaan yang diberikan ini dapat menjadi penyemangat agar kami bisa mengabdi dengan kualitas yang prima", ujarnya.

Darma Wijaya memaparkan, selama satu periode mendatang, keduanya akan berupaya mewujudkan Sergai yang "Maju Terus" yaitu, mandiri, sejahtera dan religius, sesuai visi yang disampaikan dalam kampanye tim Dambaan.

Untuk mewujudkan visi yang nantinya menjadi visi Pemerintah Kabupaten Sergai tersebut, diurai menjadi 5 butir misi yaitu, meningkatkan kualitas SDM yang cerdas, sehat, unggul, beriman dan bertaqwa (Imtak) dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Kemudian, menyelenggarakan pelayanan publik dengan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih dan baik (clean and good governance) sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku. Meningkatkan potensi ekonomi kerakyatan yang berdaya saing dengan titik berat pada pertanian, kelautan dan perikanan, peternakan pariwisata, usaha mikro kecil dan menciptakan iklim investasi yang kondusif, sehingga berpotensi membuka lapangan pekerjaan baru sekaligus sebagai upaya mengatasi keterpurukan ekonomi di saat dan setelah pandemi Covid-19.

Selanjutnya, meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana infrastruktur dengan pemanfaatan sumber daya yang ada di desa, kabupaten, provinsi dan pusat, yang terintegrasi dengan sektor-sektor lainnya. Terakhir, melakukan pemberdayaan masyarakat di berbagai aspek dan meningkatkan ketersediaan fasilitas sosial fasilitas umum dan ruang publik untuk seluruh lapisan masyarakat, termasuk anak-anak perempuan dan kelompok difabel.

Darma Wijaya juga menyebutkan bahwa masukan dan arahan dari Ir H Soekirman, yang nantinya akan menjadi pinisepuh di Kabupaten Sergai, sangat diperlukan pengalaman yang akan menjadi referensi untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Sergai. Selain itu, pokok-pokok pikiran anggota DPRD sebagai hasil proses maupun inisiatif, yang akan menggabungkan program kerja tahunan Pemerintah Kabupaten Sergai, tentunya sangat relevan dengan berbagai kebutuhan pembangunan di tengah masyarakat, sebab anggota DPRD juga mempunyai tugas yang sama beratnya dalam rangka menyusun rencana pembangunan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

"Akhirnya kami berdua, saya Darma Wijaya dan saudara kita Bapak Adlin Umar Yusri Tambunan, semoga dapat mengemban amanah yang sangat berat yang telah kami peroleh dari dukungan masyarakat Sergai. Semoga visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sergai dapat terwujud Serdang-bedagai "Maju Terus", mandiri, sejahtera, dan religius," tutup Darma Wijaya. (T06/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com