DPRD SU: Pemerintah Pusat Akhirnya "Restui" Pembagian Dana Bagi Hasil CPO ke Daerah


430 view
DPRD SU: Pemerintah Pusat Akhirnya "Restui" Pembagian Dana Bagi Hasil CPO ke Daerah
Foto: Ist/harianSIB.com
Zeira Salim Ritonga 

Medan (harianSIB.com)

Ketua Fraksi Nusantara (FN) DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang akhirnya "merestui" pembagian Dana Bagi Hasil (DBH) CPO (Crude Palm Oil) dari sektor perkebunan ke daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

"Daerah-daerah penghasil perkebunan patut berbangga atas keputusan pemerintah melalui Menteri Keuangan (Menkeu) yang akhirnya mengabulkan tuntutan daerah terkait pembagian DBH hasil penerimaan CPO perkebunan," tandas Zeira Salim Ritonga kepada wartawan, Selasa (21/6/2022) di DPRD Sumut.

Pembagian DBH dari sektor perkebunan ini, tambah Bendahara DPW Partai Kebangkitan Bangsa Sumut ini sudah diatur dalam Undang-Undang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD) yang baru saja disahkan.

Dengan disahkannya UU HKPD tersebut, Zeira mendorong Pemprov Sumut yang termasuk sebagai daerah penghasil sawit, agar memanfaatkan kesempatan dimaksud dengan berkordinasi dengan pemerintah pusat, sehingga anggarannya nantinya bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Editor
: Robert/Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com