DPRD SU: Satgas Covid-19 Sumut Jangan Bosan-bosan Edukasi Masyarakat Patuhi Prokes

* Vaksinasi Belum Menjamin Seseorang Terhindar atau Aman dari Penularan Covid-19

353 view
DPRD SU: Satgas Covid-19 Sumut Jangan Bosan-bosan Edukasi Masyarakat Patuhi Prokes
Foto Istimewa
dr Tuahman Franciscus Purba

Medan (SIB)

Ketua Fraksi NasDem DPRD Sumut dr Tuahman Franciscus Purba mengingatkan Satgas (Satuan Tugas) Penanganan Covid-19 Sumut agar jangan bosan-bosan mengedukasi masyarakat tentang bahaya virus corona dengan tetap mematuhi Prokes (Protokol Kesehatan), guna meminimalisir jumlah yang terpapar dan sudah 900 orang meninggal dunia.

"Satgas Covid-19, Dinkes dan Dinas Infokom Sumut diharapkan terus bergerak mengedukasi masyarakat serta mensosialisasi perlunya mematuhi Prokes, untuk meminimalisir angka terpapar Covid-19 di Sumut yang jumlahnya terus meningkat," ujar Tuahman Franciscus Purba kepada wartawan, Kamis (25/3) di DPRD Sumut.

Tuahman minta Satgas jangan hanya menyampaikan laporan berapa yang terpapar, serta meninggal atau muncul varian baru Covid-19 di daerah ini, agar masyarakat tidak jenuh dan apatis. Tapi perlu terus dilakukan edukasi ke masyarakat, agar tetap mematuhi Prokes dengan tetap memakai masker, menjauhi kerumunan dan rajin mencuci tangan.

Politisi vokal ini memandang perlu adanya hal-hal baru untuk disampaikan kepada masyarakat. Misalnya, mengimbau masyarakat jangan sering berada di ruangan dingin, karena virus suka tempat yang dingin dan memudahkan terjadinya penyebaran virus ke orang lain.

Begitu juga meminum air dingin di masa pandemi, katanya, bisa membuat tubuh menjadi dingin serta rentan diserang penyakit Covid-19.

Menyinggung adanya isu-isu bahwa varian baru Covid-19 sudah masuk Sumut, anggota Komisi C ini menyarankan kepada Satgas Covid-19 Sumut agar tidak begitu saja menyebarkan informasi langsung kepada masyarakat.

"Dari sudut pandang medis, kalau ada varian baru Covid-19 masuk daerah ini, perlu ditelaah apakah evidence base (dasar bukti yang cukup). Misalnya tipikal riwayat, dan kolerasi virus itu sendiri dengan virus lain. Jangan langsung diumumkan," tandasnya.

Sepanjang tidak ada dasar yang kuat, tambah Tuahman, sebaiknya tidak disebarkan begitu saja. Tapi harus disaring terlebih dahulu oleh Dinas Infokom Sumut, sebelum diinformasikan ke masyarakat untuk menghindari keresahan.

"Jadi yang perlu ditekankan saat ini oleh Satgas Covid-19 Sumut, yakni yang terbaik tetap mematuhi Prokes, sebab semakin disiplin seseorang, semakin terhindar dari segala bentuk virus," tegas Tuahman sembari menambahkan, vaksinasi belum menjamin seseorang terhindar atau aman dari Covid-19, sehingga disarankan tetap mematuhi Prokes.(A04/c).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com