DPRD SU Apresiasi TPID Bisa Kendalikan Inflasi Daerah di Bawah Rata-rata Nasional


208 view
DPRD SU Apresiasi TPID Bisa Kendalikan Inflasi Daerah di Bawah Rata-rata Nasional
Foto: Ist
Ilustrasi

Medan (SIB)

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mengapresiasi kinerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Pemprov Sumut dalam mengendalikan tingkat inflasi provinsi 2,25 persen (yoy) di bawah rata-rata inflasi nasional 2,61 persen (yoy) pada Desember 2023.

"Dalam Rakor pengendalian inflasi daerah kita ketahui, Sumut masuk ke dalam inflasi terendah bersama provinsi lainnya. Ini sangat menggembirakan, sehingga patut kita mengapresiasi kinerja TPID Pemprov Sumut," ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Jumat (5/1) di DPRD Sumut.

Apalagi diketahui, katanya, TPID terus berupaya menjaga konsistensi pengendalian inflasi dengan berkoordinasi sekaligus mengawasi berbagai institusi di tingkat kabupaten/kota, Badan Pusat Statistik (BPS), Perbankan, Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura, Bulog dan lainnya.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, kunci pengendalian inflasi, yakni menjaga ketersediaan stok komoditas utama, memantau harga-harga di pasar serta menjaga pasokan pasar-pasar tradisional, yang menyediakan bahan pangan untuk masyarakat menengah ke bawah.

"Inflasi digunakan untuk mengukur tingkat kemiskinan. Semakin tinggi tingkat inflasi maka akan meningkatkan tingkat kemiskinan, yang berakibat semakin banyaknya penduduk miskin," tambahnya.

Menurutnya, keberhasilan Pemprov Sumut dalam menjaga stabilitas inflasi berdampak langsung dengan kesejahteraan masyarakat, sebab dengan inflasi yang rendah, maka kesejahteraan masyarakat juga meningkat karena daya beli masyarakat akan lebih kuat.

"Kita sangat bersyukur atas kolaborasi dan koordinasi yang dilakukan TPID Sumut, sehingga inflasi dapat terkendali dengan baik," ujar Baskami sembari menambahkan inflasi yang telah dicapai Provinsi Sumut seperti yang diungkapkan Mendagri, jangan terlena, tapi lebih memacunya secara terus-menerus. (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com