DPRD SU Minta Masyarakat Medan Segera Urus KK dan KTP Agar Terdata Sebagai Penerima PKH


317 view
DPRD SU Minta Masyarakat Medan Segera Urus KK dan KTP Agar Terdata Sebagai Penerima PKH
Foto Dok
dr Tuahman Franciscus Purba
Medan (SIB)
Ketua Fraksi NasDem DPRD Sumut dr Tuahman Franciscus Purba meminta masyarakat Kota Medan untuk segera mengurus KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga) agar terdata sebagai penerima Bansos (Bantuan Sosial), baik itu KIS (Kartu Indonesia Sehat), KIP (Kartu Indonesia Pintar) maupun PKH (Pogram Keluarga Harapan).

"Selama ini banyak masyarakat kurang mampu di Kota Medan mengeluhkan tidak pernah mendapatkan Bansos dari pemerintah. Setelah didata, ternyata banyak yang belum memiliki KTP maupun KK, sehingga kita anjurkan segera mengurus data kependudukannya," tandas Tuahman Franciscus Purba kepada wartawan, Sabtu (20/3) melalui telepon di Medan.

Ditambahkan anggota Komisi C ini, mengurus data kependudukan itu sangat penting, selain sebagai identitas pribadi, juga sebagai kelengkapan administrasi selaku warga negara Indonesia, termasuk salah satu syarat untuk mendapatkan Bansos dari pemerintah.

"Kita minta kepada seluruh Kepling (kepala lingkungan), lurah dan camat agar mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukannya, agar semua warga di Kota Medan sudah memiliki KTP dan KK," tambah Tuahman.

Dengan lengkapnya data kependudukan warga, tandas Tuahman, dipastikan setiap ada bantuan dari pemerintah, bisa didata secara objektif siapa saja yang berhak menerima bantuan. Bukan seperti selama ini, banyak orang-orang mampu yang mendapat bantuan.

"Masalah KK dan KTP ini juga harus menjadi prioritas Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) Medan dan Sumut. Jika perlu jemput bola ke masyarakat dengan program yang sudah dicanangkan Pemko Medan, sehingga tidak ada lagi warga Medan yang tidak memiliki identitas secara lengkap," ujarnya.

Artinya masyarakat perlu pelayanan yang maksimal dari pemerintah, khususnya pengurusan administrasi kependudukan, sehingga program Pemko Medan tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki KK dan KTP bisa terealisasi.(A04)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Tag:DPRD SU
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com