Diduga Tercatat sebagai Pengurus Hanura, Anggota KPU Deliserdang Mulianta Sembiring Diperiksa DKPP


417 view
Diduga Tercatat sebagai Pengurus Hanura, Anggota KPU Deliserdang Mulianta Sembiring Diperiksa DKPP
Foto: Dok/Screenshot FB DKPP
Ketua majelis pemeriksaan Ida Budhiati (kiri) dan teradu anggota KPU Deliserdang Mulianta Sembiring (kanan). 

Medan (harianSIB.com)


Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deliserdang Mulianta Sembiring diperiksa Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam laporan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu. Mulianta diduga masih terlibat partai politik saat mengikuti seleksi dan terpilih sebagai anggota KPU.


Sidang pemeriksaan terhadap Mulianta dilangsungkan di Bawaslu Sumut, Rabu (27/7/2022).


Majelis persidangan perkara Nomor 26-PKE-DKPP/VII/2022 ini dipimpin Ida Budhiati, anggota majelis Yulianto Sudrajat, serta tim pemeriksa daerah (TPD) Yenni Chairiah Rambe dan Agussalam Nasution, yang juga anggota Bawaslu Sumut.


Pengadu laporan dugaan pelanggaran etik ini adalah Pantas Tarigan. Dalam pemeriksaan terungkap, antara Pantas dan Mulianta saling mengenal. Keduanya bahkan sesama alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut yang dahulu bernama IAIN Sumut.


Dalam pemeriksaan ini, Mulianta mengaku pernah menjadi pengurus DPC Hanura Deliserdang dari tahun 2007 sampai 2009.


Pada Januari 2009, ia mengaku telah mengajukan surat pengunduran diri kepada DPC. Anggota majelis Yulianto Sudrajat kemudian menanyakan apakah ada surat keputusan (SK) terkait pemberhentian karena pengunduran diri yang diterbitkan oleh partai.


"Tidak ada terbit keputusan hanya surat keterangan," aku teradu.

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com