Jumat, 14 Juni 2024 WIB

Disdukcapil Deliserdang Musnahkan 14.602 Keping e-KTP Rusak

Redaksi - Rabu, 17 Mei 2023 12:26 WIB
150 view
Disdukcapil Deliserdang Musnahkan 14.602 Keping e-KTP Rusak
Foto dok/Diskominfo Deliserdang
TANDA TANGAN: Kepala Disdukcapil Deliserdang Misran Sihaloho diabadikan usai menandatangani berita acara pemusnahan e-KTP di Lubukpakam, Jumat (12/5).
Lubukpakam (SIB)
Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Deliserdang memusnahkan 551 keping kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) invalid atau rusak. Selain itu ada juga e-KTP rusak dengan Perubahan Elemen Data sebanyak 14.051 keping. Sehingga total yang dimusnahkan sebanyak 14.602 keping.

"Kita memusnahkannya berdasarkan Surat Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nomor 400.8.1.2/6753/Dukcapil tanggal 10 April 2023," kata Kepala Disdukcapil Deliserdang, Drs Misran Sihaloho MM saat pemusnahan di halaman kantor dinas setempat Lubukpakam, Jumat (12/5).

Misran mengatakan pemusnahan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur. Menggunakan berita acara dan dokumentasi serta disaksikan pihak Inspektorat Deliserdang di Dinas Perpustakaan dan Arsip Deliserdang serta Bagian Hukum.

"Tujuan pemusnahan agar e-KTP yang rusak tidak tercecer dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Kita musnahkan dengan cara dibakar," kata Misran.

Turut mendampingi Kadisdukcapil dalam pemusnahan itu Sekretaris Disdukcapil Christina Helen Siagian, Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Akhmad Yan Dermawan, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Alrasudin Kaloko, Kabid Pelayanan Sipil Erlinta Tarigan, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Amos Ginting dan lainnya.

Adapun sebagai saksi yaitu Kasubbag Umum Inspektorat Siti Maruyam, Kadis Perpustakaan dan Arsip Mukti Ali Harahap dan Kabag Hukum Setdakab Muhammad Muslih Siregar.(C2/r)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Disdukcapil Humbahas Jemput Bola Adminduk Bagi Disabilitas
Pemerintahan Kecamatan Bandar Tiap Hari Layani 40 Warga Urus e-KTP
Seorang Pria Tewas Saat Hendak Mengurus E-KTP di Kantor Dukcatpil Binjai
KPU Jawab Temuan Komnas HAM soal Kelompok Tak Punya e-KTP Tidak Bisa Nyoblos
Disdukcapil Rekam e-KTP  di SMAN 6 Pematangsiantar
Optimalkan Partisipasi Pemilih,  Disdukcapil Deliserdang Cetak 8.845 KTP-el
komentar
beritaTerbaru