Dodi Robert Simangunsong Sosialisasikan Perda Sistem Kesehatan Kota Medan

Bayi Baru Lahir Bisa Masuk UHC dengan Menunjukkan Kartu Keluarga

436 view
Dodi Robert Simangunsong Sosialisasikan Perda Sistem Kesehatan Kota Medan
Foto: Dok/Sekretariat DPRD Medan
FOTO BERSAMA: Anggota DPRD Medan Dodi Robert Simangunsong foto bersama masyarakat usai melaksanakan Sosialsiasi Perda Nomor 4 Tahun 2012 tentang  Sistem Kesehatan Kota Medan, Sabtu (14/1/2023),  di Jalan Garu IX No 22 Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas 

Medan (harianSIB.com)

Anggota DPRD Kota Medan Dodi Robert Simangunsong SH, dari Fraksi P Demokrat Dapil Medan IV melaksanakan Sosialisasi Perda Nomor 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, Sabtu (14/1/2023), di Jalan Garu IX No 22 Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas.

Hadir dalam Sosper tersebut, dr Irvan Lubis Kepala Puskesmas Medan Amplas dan Kepling VIII Bambang Hariyanto.

Dodi mengatakan, masyarakat sangat perlu memahami Perda Sistem Kesehatan Kota Medan ini. Kesehatan jenis pelayanan kesehatan ini banyak yang belum dipahami seperti BPJS Kesehatan. Terlebih ada program kesehatan yang baru yakni UHC (Universal Health Coverage), merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan.

“Cukup membawa KTP dengan NIK Kota Medan, masyarakat bisa berobat secara gratis. Tentu tata caranya bagaimana agar dilayani berobat dengan menggunakan KTP. Untuk itulah kita laksanakan Sosper ini, agar pihak Dinas Kesehatan bisa menjelaskan dan masyarakat tidak salah paham,” kata anggota Komisi II ini.

Sementara itu, Dr Irvan Lubis, Kepala Puskesmas Medan Amplas menjelaskan, berobat di puskesmas sekarang menggunakan cukup menggunakan KTP dapat dilayani secara gratis, meski tidak punya BPJS. Kalau dia seorang balita cukup pakai KK (Kartu Keluarga).

“Masyarakat yang belum punya BPJS bisa dilayani di puskesmas. Jangan kahwatir, di Kecamatan Medan Amplas ada 4 Putu (Puskesmas Pembantu). Kalaupun sudah punya BPJS dan menunggak, bisa juga dilayani, tapi tunggakannya tetap tercatat, tidak diputihkan,” terangnya.

Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com