Dua Kali Terjerat Kasus Korupsi, Hakim PN Medan Vonis Ringan Eks Kadisdik Tebingtinggi


269 view
Dua Kali Terjerat Kasus Korupsi, Hakim PN Medan Vonis Ringan Eks Kadisdik Tebingtinggi
Foto: Dok/SIB/Rido Sitompul
DISIDANGKAN: Mantan Kadisdik Tebingtinggi H Pardamean Siregar dan Suryanto selaku wakil Direktur CV Bimo Mitra Sakti saat disidangkan secara virtual, di Pengadilan Tipikor Medan. 

Medan (harianSIB.com)


Narapidana kasus korupsi yang juga eks Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Tebingtinggi, Drs H Pardamean Siregar, kembali dihukum dalam kasus korupsi. Namun vonis yang diberikan majelis hakim Pengadilan Tipikor Medan ini, lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).


Majelis hakim Pengadilan Tipikor Medan yang diketuai Sulhanuddin, menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama satu tahun.


"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama satu tahun dan denda Rp50 juta, dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar akan diganti dengan pidana kurungan selama satu bulan," kata hakim dalam amarnya, dilansir dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Medan, Senin (1/8/2022).


Majelis hakim menyatakan tidak sepakat dengan JPU yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 6 tahun sebagaimana dakwaan primair.


Majelis Hakim menilai, terdakwa Pardamean bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara bersama-sama sebagaimana dakwaan subsidar penuntut umum.


Sementara itu, terdakwa lainnya yakni Suryanto selaku wakil Direktur CV Bimo Mitra Sakti divonis dengan pidana penjara lebuh berat yakni 4 tahun, denda Rp 50 juta, subsidar 1 bulan kurungan.

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com