Edukasi Cegah Kanker pada Remaja, YKI Sumut Kunjungi Pelajar SMK Nur Azizi Tanjung Morawa


203 view
Edukasi Cegah Kanker pada Remaja, YKI Sumut Kunjungi Pelajar SMK Nur Azizi Tanjung Morawa
Foto: Dok/Kominfo Sumut
BANTUAN: Ketua YKI Sumut Nawal Lubis menyerahkan bantuan usai memberikan penyuluhan pencegahan kanker bagi siswa SMA/SMK, di SMK Swasta Nur Azizi, Jalan Pahlawan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa (11/4/2023). 
Deliserdang (harianSIB.com)
Edukasi pencegahan kanker sejak dini terus dilakukan Yayasan Kanker Indonesia Sumatera Utara (YKI Sumut) dengan berbagai kegiatan.
Antara lain melalui kegiatan road show sekolah cegah kanker pada remaja dengan cerdik, di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nur Azizi Tanjung Morawa, Deliserdang.
Ketua YKI Sumut Nawal Lubis mengatakan, kehadiran YKI Sumut untuk memberikan pemahaman di kalangan pelajar tentang apa itu kanker, penyebab dan jenis, serta cara pencegahan dan tindakan jika telah terkena penyakit kanker.
"Kita kolaborasi dengan YKI Deliserdang, edukasi anak-anak kita mengantisipasi sedini mungkin pemicu kanker, termasuk gaya hidup agar mereka terhidar dan tidak terkena kanker,” kata Nawal Lubis, di ruang praktek siswa (RPS) Yayasan Pendidikan Nur Azizi Tanjung Morawa, Jalan Pahlawan Tanjung Morawa, Deliserdang, Selasa (11/4/2023).
Turut hadir, Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Medan dan Deliserdang August Sinaga, Camat Tanjung Morawa Ismail, Kepala Puskesmas Tanjung Morawa Budi Afrian, Kepala Puskesmas Dalu Sepuluh Tanjung Morawa Puja Armadi.
Kemudian, Sekretaris YKI Sumut Siti Zahara Nasution, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Nur Azizi Tanjung Morawa Lailah Azizah Nasution, Kepala Sekolah SMK Nur Azizi Tanjung Morawa Rita Adriani Sitorus, para guru dan siswa SMK Nur Azizi Tanjung Morawa.
Menurut Nawal, kanker bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia, baik pria maupun wanita. Tetapi kanker juga bisa dicegah sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat dan Cerdik (Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet yang sehat dan seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres).
Nawal berpesan jika ada ganguan kesehatan seperti ada benjolan di tubuh, untuk segera melakukan pemeriksaan, sehingga segera bisa diketahui dan tidak menyebar.
"Mereka tidak boleh malu, ini demi kesehatan. Jangan sudah stadium lanjut baru datang. Semakin cepat diketahui semakin baik agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat secara medis," jelasnya.
Ketua YKI Kabupaten Deliserdang Anita Lubis mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk memberikan pemahaman pencegahan dini penyakit kanker di kalangan remaja, sebagai generasi penerus bangsa. Karena pencegahan sejak dini telah terbukti meningkatkan angka kesembuhan pasien.
"Kita beri mereka pemahamam kanker tidak harus ditakuti tetapi dengan menerapkan pola hidup yang sehat ini bisa dicegah," jelasnya.
Kepala SMK Nur Azizi Tanjung Morawa Rita Adriani Sitorus mengucapkan terima kasih kepada YKI Sumut atas terpilihnya Yayasan Pendidikan Nur Azizi Tanjung Morawa, sebagai tujuan road show sekolah cegah kanker pada remaja dengan cerdik.
"Kami ucapkan terima kasih kepada YKI Sumut dan YKI Deliserdang. Edukasi ini pastinya memberi manfaat bagi siswa-siswi kami untuk meningkatkan pemahaman bahaya kanker dan pencegahan kanker sejak dini," katanya.
Rita juga mengatakan, pihaknya berkomitmen mewujudkan sekolah sehat dengan melakukan kerja sama dengan Dinas Pendidikan Deliserdang melalui Puskesmas Tanjung Morawa dengan melaksanakan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), salah satunya menyediakan jajanan yang sehat di kantin sekolah, tersedianya jamban yang bersih dan sehat, serta lingkungan sekolah yang asri.
“Kami telah melaksanakan MoU dengan Puskesmas Tanjung Morawa, melalui Program Cerdas UKS dengan mengedukasi siswa-siswi untuk menjaga kesehatan organ reproduksi, pencegahan narkoba dan HIV/Aids dan kita budayakan mereka melakukan Prilaku Hidup Bersih (PHBS) di sekolah," katanya. (*)


Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com