Senin, 20 Mei 2024 WIB

Eks Pelatih PSMS Suimin Diharja Meninggal Dunia

Redaksi - Minggu, 05 Februari 2023 21:26 WIB
387 view
Eks Pelatih PSMS Suimin Diharja Meninggal Dunia
Foto : Ist/harianSIB.com
Suimin Diharja

Kabar duka menyelimuti sepak bola Sumatera Utara setelah mantan pelatih PSMS Medan, Suimin Diharja meninggal dunia pada usia 71 tahun, Minggu (5/2/2023). Bukan hanya keluarga, rekan serta mantan pemain yang juga eks anak-anak asuh Suimin pun turut berduka.

Diketahui, selama menjadi pelatih Indonesia, terutama di PSMS yang dibesutnya sejak tahun 1997, Suimin telah melahirkan banyak pemain besar. Sejumlah anak asuhnya datang ke rumah duka Jalan Balai Desa Gang Mawar no.12 Mariendal, Kecamatan Patumbak.

Para eks pemain PSMS yang terlihat hadir antara lain Edu Juanda, Saktiawan Sinaga, Sahari Gultom, Novianto, Ariel Gutierez, Zul Iskandar, Zulkarnaen dan lainnya. Selain itu juga terlihat Pelatih Karo United, Suharto AD.

"Saya dibesut Bang Suimin sejak PSMS junior tahun 1996. Kemudian lanjut ke tim senior dapat kepercayaan hingga akhirnya dipercaya ke timnas itu berkat bang Suimin. Jadi saya sangat menaruh hormat kepada beliau," kata Sahari Gultom, pelatih kiper Karo United.

Eks pelatih kiper timnas ini juga mengatakan Suimin menjadi sosok motivator bagi pemain. "Dia bukan hanya pelatih, tapi orangtua bagi kami," kata Ucok, sapaan akrabnya.

Sementara itu Edu Juanda yang dibesut Suimin di PSMS dan PSPS mengatakan sosok almarhum sangat berjasa bagi kariernya. "Bang Suimin bisa memberi kami tempat di tim saat mengawai karier di PSMS hingga bisa menembus timnas. Yang pasti kami para mantan pemain yang pernah diasuh beliau sangat kehilangan. Sulit menemukan pelatih seperti Bang Suimin lagi di Indonesia," beber Edu.

Sementara itu Telly Syahputra, anak kedua almarhum mengatakan ayahnya menderita sakit gula. Namun kondisinya baru drop selama sebulan terakhir. "Sebelumnya papa masih melatih dan terakhir ditunjuk jadi Pelatih PSDS. Tapi memang belakangan ini sudah gak mau makan," kata Telly. (R17)




Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Mantan Pelatih PSMS Medan Kustiono Tutup Usia
komentar
beritaTerbaru